4 Rabiul-Awwal 1444  |  Jumat 30 September 2022

basmalah.png

Anak Bayi Juga Bisa Kena Maag, Ini Gejalanya

Anak Bayi Juga Bisa Kena Maag, Ini GejalanyaFiqhislam.com - Sakit maag sering melanda orang dewasa. Namun jangan salah, anak bayi juga bisa menderita sakit maag serta refluks asam karena berbagai alasan.

Si kecil pastinya tak bisa mengungkapkan dan menjelaskan apa yang ia rasakan sehingga orangtua dan pengasuh harus mengenal tanda dan gejala ulkus dengan baik. Berikut gejalanya seperti dikutip laman eHow, Selasa (23/10):

1. Seperti gejala kolik
Sering kali gejala ulkus pada bayi meniru gejala kolik. Gejala ini termasuk menangis lama yang makin memburuk di sore hari dan sepanjang malam hari. Angkat kepalanya serta rendahkan kakinya untuk membantu melepaskan gas.

2. Gejala selama dan sesudah makan
Bayi menderita maag bisa menolak makan, bahkan ketika mereka lapar, atau meminta makanan ringan selama beberapa hari di luar makanan utama. Gejala lain termasuk sering bersendawa atau muntah.

3. Gejala tak biasa
Seringkali beberapa gejala maag pada bayi tidak diansumsikan dengan sakit pada perut mereka, seperti infeksi telinga dan sinus atau sering sakit tenggorokan dan pilek.

4. Gejala tidur
Refluks asam biasanya membuat bayi tidak nyaman karena asam lambung naik ke kerongkongan mengiritasi tenggorokan bayi. Dan kondisi itu biasanya semakin memburuk ketika bayi berbaring. Anda dapat melihatnya dari gejala saat tidur, seperti sering bangun, menangis sambil bergumam pada malam hari diiringi batuk, tersedak, atau tercekik saat berbaring.

5. Gejala yang semakin parah
Ulkus yang semakin buruk membuat gejala menjadi lebih parah serta membuat bayi membungkam dirinya dengan tangannya, berat badan anak yang turun, ngiler berlebihan, dan bahkan mungkin kesulitan bernapas atau menelan. [yy/liputan6]