10 Muharram 1444  |  Senin 08 Agustus 2022

basmalah.png

Susu dan Daging Wajib Diberikan Pada Anak Setiap Hari

Susu dan Daging Wajib Diberikan Pada Anak Setiap HariFiqhislam.com - Usia balita merupakan masa tumbuh kembang. Karenanya kebuuthan nutrisi perlu dicukup agar tumbuh kembangnya tidak terganggu. Karenanya ada beberapa jenis makanan bernutrisi perlu diberikan secara teratur setiap hari.

Pada masa balita orang tua perlu memilih jenis makanan secara cermat. Seperti disarankan Emilia E. Achmadi, Ahli Gizi saat acara Media Garthering Mead Johnson Nutrition makanan ada empat jenis makanan kaya nutrisi yang dibutuhkan anak balita.

1. Susu

Susu merupakan sumber kalsium dan vitamin D. Selain bermanfaat untuk menguatkan tulang dan gigi, susu juga membantu pembentukan sel otak anak. Berikan susu empat kali sehari dengan takaran 120 cc atau setengah gelas.

2.Daging

Daging sapi, ayam atau ikan juga harus diberikan setiap hari. Protein yang terkandung di dalamnya akan berubah menjadi energi. Daging bisa diberikan dua kali sehari, sebanyak 30-60 gram atau satu potongan sedang.

3.Buah dan sayuran

Banyak vitamin yang terkandung di dalamnya. Karena itulah konsumsi buah dan sayur tidak dibatasi. Sebaiknya dikonsumsi empat kali sehari. Agar anak tak bosan, variasikan jenis dan warnanya.

4. Gandum

Gandum sering diolah menjadi roti atau oatmeal yang dikemas plastik atau kaleng. Gandum mengandung karbohirat, vitamin, mineral, protein, antioksidan dan serat, yang baik untuk menjaga kesehatan anak. [yy/detik]