21 Safar 1443  |  Rabu 29 September 2021

basmalah.png

Mana yang Lebih Baik Menggundul Atau Memendekkan Rambut?

Mana yang Lebih Baik Menggundul Atau Memendekkan Rambut? Hukumnya menggundul atau memendekkan rambut dalam umrah?Mana yang lebih baik antara keduanya?

Jawaban

Menggundul atau memperpendek rambut dalam umrah hukumnya wajib, karena Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam  ketika datang ke Makkah untuk mengerjakan haji Wada', thawaf dan sa'i, beliau memerintahkan kepada setiap orang yang belum menyembelih hewan kurban agar memotong rambut kemudian bertahalul. Jika beliau menyuruh mereka untuk memperpendek-sedangkan asal dari perintah adalah wajib-menunjukkan bahwa memperpendek rambut hukumnya wajib. Dalil ini diperkuat dengan dalil lain bahwa Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam  memerintahkan mereka ketika terkepung dalam Perang Hudaibiyah agar mereka menggundul rambut hingga Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam  marah ketika mereka tidak bersemangat menjalankan perintah itu.

Sedangkan pertanyaan, mana yang lebih baik dalam umrah, memperpendek saja atau menggundul? Yang lebih baik adalah menggundul, kecuali bagi orang yang mengerjakan haji Tamattu' yang datang terakhir, maka lebih baik dia memperpendek sehingga dia bisa mengundulnya nanti ketika haji. 

Sumber: Diadaptasi dari Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin, Fataawaa Arkaanil Islam, atau Tuntunan Tanya-Jawab Akidah, Shalat, Zakat, Puasa, Haji: Fataawaa Arkaanil Islam,  terj. Muniril Abidin, M.Ag (Darul Falah, 2005), hlm.579

alislamu.com