21 Safar 1443  |  Rabu 29 September 2021

basmalah.png

Seseorang yang Sedang Haji Ada yang Memendekkan Rambutnya Karena Tidak Tahu

Seseorang yang Sedang Haji Ada yang Memendekkan Rambutnya Karena Tidak Tahu Seseorang yang sedang haji ada yang memendekkan rambutnya karena tidak tahu dan bertahalul, apa yang harus dilakukannya?

Jawaban

Orang yang sedang haji lalu memendekkan rambutnya karena tidak tahu, kemudian bertahalul, dia tidak wajib membayar denda apa-apa karena dia melakukannya tanpa disengaja, tetapi dia harus menyempurnakan pencukuran rambutnya.

Pada kesempatan ini saya ingin memberikan nasihat kepada saudara-saudara saya, jika mereka ingin mengerjakan suatu ibadah, janganlah mereka langsung mengerjakannya hingga mengetahui hukum-hukum Allah di dalamnya agar mereka tidak salah dalam mengerjakan ibadah itu, karena Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman kepada Nabi-Nya Shallallahu Alaihi wa Sallam, "Katakanlah, "Inilah jalan (agama) ku, aku dan orang-orang yang mengikutiku mengajak (kamu) kepada Allah dengan hujjah yang nyata, Mahasuci Allah, dan aku tiada termasuk orang-orang yang musyrik." (Yusuf:108)

Kemudian Allah juga berfirman, "Katakanlah, 'Adakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui?' Sesungguhnya orang yang berakallah yang dapat menerima pelajaran." (Az-Zumar:9)

Orang yang mengerjakan ibadah kepada Allah dengan pengetahuan yang mumpuni terhadap hukum-hukum ibadah, jauh lebih baik daripada orang yang menyembah Allah dengan ketidaktahuan, apalagi hanya sekedar mengikuti orang lain, baik dia tahu ataupun tidak tahu.

Sumber: Diadaptasi dari Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin, Fataawaa Arkaanil Islam, atau Tuntunan Tanya-Jawab Akidah, Shalat, Zakat, Puasa, Haji: Fataawaa Arkaanil Islam,  terj. Muniril Abidin, M.Ag (Darul Falah, 2005), hlm. 552 -553.

alislamu.com