30 Dzulqa'dah 1443  |  Kamis 30 Juni 2022

basmalah.png

Syekh Qaradhawi: Haram Menjadikan Ibadah Haji untuk Lakukan Kegiatan Politik

Syekh Qaradhawi: Haram Menjadikan Ibadah Haji untuk Lakukan Kegiatan Politik

Fiqhislam.com - Pendiri dan presiden dari Asosiasi Ulama Muslim Internasional (IAMS) Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengatakan Haram hukumnya menggunakan slogan-slogan politik, aksi demonstrasi atau melakukan tindakan apapun yang mengancam keamanan jamaah selama musim haji.

"Allah membuat negara ini di mana ritual haji diadakan damai dan aman, sehingga umat Islam dapat melakukan ritual mereka dengan penuh spiritualitas dan kenyamanan tanpa kesulitan apapun," kata Syaikh Qardhawi dalam sebuah wawancara dengan surat kabar Okaz Saudi.

Perselisihan sama saja dengan menghina ibadah haji, yang merupakan kewajiban agama yang besar dan pilar kelima dalam ajaran Islam, katanya menegaskan.

Menggunakan Haji untuk mencapai tujuan politik dan tujuan yang tidak terkait dengan haji maka hal itu membatalkan ibadah haji dan tidak mengikuti aturan yang ditetapkan untuk ibadah haji dalam hukum Syariah, ia melanjutkan.

Menyelenggarakan aksi demonstrasi atau menggunakan slogan politik selama musim haji di Makkah adalah tidak dapat diterima karena kegiatan tersebut akan memicu perselisihan antara peziarah di tempat suci, Qardhawi menekankan.

Syaikh Qardhawi menawarkan saran nya untuk para jemaah Haji: "Ini ritual besar yang mencair semua perbedaan di antara umat Islam yang berasal dari negara yang berbeda, ras, bahasa, daerah dan kelas sehingga mereka semua merasa sebagai satu bangsa, sama seperti Allah ingin umat Islam saling bersatu."

eramuslim.com