19 Safar 1443  |  Senin 27 September 2021

basmalah.png

Haji 2021 Model Pengembangan Haji Berteknologi Canggih

Haji 2021 Model Pengembangan Haji Berteknologi Canggih

Fiqhislam.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Arab Saudi, yang juga Ketua Komite Haji Tertinggi, Pangeran Abdulaziz bin Saud bin Nayef bin Abdulaziz, menyampaikan, musim haji tahun ini adalah model untuk mengembangkan perjalanan haji menggunakan teknologi modern dan metode canggih, untuk bergerak menuju Saudi Visi 2030.

Pangeran Abdulaziz menuturkan, pada musim haji tahun ini, yang dilakukan di tengah pandemi Covid-19, tidak ada insiden yang mengganggu keselamatan jemaah. Juga tidak ada kasus infeksi Covid-19 yang tercatat.

Dalam komunikasinya kepada Raja Salman bin Abdulaziz, Pangeran Abdulaziz mengatakan, perencanaan pada semua sektor baik itu keamanan, kesehatan, pencegahan, organisasi dan pelayanan, telah disusun dan dilaksanakan secara terpadu dan sangat profesional oleh petugas keamanan.

"Juga dalam kemitraan dengan pegawai instansi pemerintah dan swasta lainnya, menurut mekanisme yang tepat, memanfaatkan teknologi canggih, dan dengan cara yang menjamin penerapan semua langkah-langkah pencegahan dan kehati-hatian untuk menghadapi pandemi," kata dia dilansir dari Asharq Al-Awsat, Ahad (25/7).

Mendagri Abdulaziz juga bersyukur, pada pelaksanaan haji tahun ini, tidak ada suatu hal apa pun yang mengganggu kedamaian dan kenyamanan para peziarah saat beribadah. Juga tidak ada kasus epidemi atau karantina yang tercatat.

"Musim haji yang luar biasa tahun ini adalah model untuk mengembangkan perjalanan haji menggunakan teknologi modern dan metode canggih, untuk membuat kemajuan yang stabil menuju pencapaian tujuan Visi Kerajaan 2030 di bawah kepemimpinan Yang Mulia," kata Menteri Abdulaziz kepada Putra Mahkota. [yy/ihram]