19 Safar 1443  |  Senin 27 September 2021

basmalah.png

Hari Senin, Tarekat Naqsabandiyah di Padang Rayakan Idul Adha

Hari Senin, Tarekat Naqsabandiyah di Padang Rayakan Idul Adha

Fiqhislam.com - Tarekat Naqsabandiyah akan merayakan Idul Adha besok, Senin 19 Juli 2021. Mereka akan melakukan Sholat Id di Masjid Baitul Makmur, Kecamatan Pauh, Kota Padang, Sumatera Barat.

"Sudah kita putuskan besok ditetapkan jatuh Idul Adha dan sembayang serta memotong korban, namun sampai saat ini belum bisa kita pastikan berapa ekor sapi atau kambing," kata Pengurus Masjid Baitul Makmur, Edizon Revindo kepada MNC Portal Indonesia, Minggu (18/7/2021)

Lanjut Revindo tadi pihaknya sudah melakukan shalat dan takbiran dan besok akan dilanjutkan Sholat Idul Adha. "Siap sholat kita akan memotong daging korban kalau ada warga yang memberikan daging korban, tahun lalu ada tiga ekor sapi dan empat ekor kambing," katanya.

Setelah memotong hewan kurban, biasanya akan dimasak dulu, dan makan bersama di masjid. "Biasanya ini makan bersama dengan panitia kurban, penyumbang daging kurban serta pengurus masjid, biasanya makan bersama kurang dari 15 orang apalagi saat ini pandemi Covid-19," ujarnya.

Kemudian, daging kurban yang sudah dipotong kata Edizon, biasanya kuponnya akan dibagi-bagi bagi jamaah yang datang sembayang. Satu kupon satu orang. "Kalau satu keluarga datang sebanyak lima orang maka kelimanya itu akan mendapatkan kupon," ujarnya.

Jika masih berlebih daging kurban tersebut, selanjutnya akan dibagi-bagi sama warga sekitarnya. "Begitulah tradisi kita setiap tahun," pungkasnya. [yy/okezone]