fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


1 Ramadhan 1442  |  Selasa 13 April 2021

Daya Tampung Masjidil Haram Selama Ramadhan Menjadi 150 Ribu Jamaah

Daya Tampung Masjidil Haram Selama Ramadhan Menjadi 150 Ribu Jamaah

Fiqhislam.com - Daya tampung Masjidil Haram selama Ramadhan ditingkatkan hingga menjadi 150.000 jamaah, yakni 50.000 orang untuk umrah dan 100.000 untuk umum, termasuk saat sholat lima waktu.

Namun para jamaahbaru bisa masuk Masjidil Haram setelah memenuhi kriteria yang ketat terkait pembatasan Covid-19.

Jamaah yang diizinkan memasuki Masjidil Haram harus sudah mendapatkan dua dosis vaksin Covid-19 atau setidaknya melewati 14 hari setelah disuntik dosis pertama.

Selain itu para penyintas Covid juga diperbolehkan beribadah di Masjidil Haram. Melansir Saudi Gazette, Rabu (7/4/2021), Kepresidenan Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci (Masjidil Haram dan Masjid Nabawi) menyatakan keputusan ini didasarkan pada pertimbangan kesehatan dan keselamatan jamaah yang mengunjungi Masjidil Haram selama Ramadhan.

Patut dicatat, Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi mengumumkan tata cara mendapatkan izin umrah maupun sholat di Dua Masjid Suci, yakni harus mendaftar melalui aplikasi Eatmarna dan Tawakkalna. Mereka bisa memesan slot sesuai waktu yang tersedia dan jumlah kapasitas. Setelah itu jamaah memverifikasi keabsahannya melalui aplikasi Tawakkalna.

Kementerian mendesak semua jamaah untuk memahami bahwa izin yang dikeluarkan hanya melalui aplikasi tersebut.

Jamaah juga diminta berhati-hati atas situs web izin masuk Masjidil Haram dan Masjid Nabawi palsu yang mungkin saja beredar. [yy/okezone]