fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


2 Syawal 1442  |  Jumat 14 Mei 2021

Jamaah Naqsabandiyah dan An-Nadzir Rayakan Idul Adha 1441 Hijriah Hari Ini

Jamaah Naqsabandiyah dan An-Nadzir Rayakan Idul Adha 1441 Hijriah Hari Ini

Fiqhislam.com - Jamaah Tarekat Naqsabandiyah di Sumatera Barat hari ini merayakan Idul Adha 1441 Hijriah. Mereka bertakbir dan menggelar shalat Id di Masjid Baitul Makmur, Kelurahan Binuang, Kecamatan Pauh, Kota Padang, Kamis (30/7/2020) pagi.

Selepas shalat Idul Adha, jamaah akan menyembelih hewan kurban lalu dagingnya dibagi-bagikan kepada masyarakat sekitar.

Jamaah Naqsabandiyah merayakan Idul Adha lebih cepat sehari ketimbang tanggal ditetapkan pemerintah karena mereka meyakini 10 Dzulhijjah 1441 Hijriah jatuh pada Kamis hari ini.

"Kita melakukan perhitungan menurut kalender hisab rukyat, kapan kita melaksanakan awal 1 Ramadhan maka 10 Dzulhijjah akan jatuh pada hari yang sama. Kami memulai awal Ramadan pada hari Kamis, maka Kamis juga Hari Raya idul adha," kata Erizon Refindo, Sekretaris Tarekat Naqsabandiyah kepada Okezone.

Dalam menetapkan awal Ramadhan, Idul Fitri dan Idul Adha, jamaah Naqsabandiyah memutuskan dalam rapat bersama berdasarkan hasil hisab atau penghitungan dan rukyat yakni melihat bulan secara langsung yang dipimpin oleh ulama tarekat ini. Mereka tidak berpatokan pada sidang isbat Kementerian Agama.

"Kita rapat di Surau Baru lalu ditetapkan, perhitungannya begitu," ujar Erizon.

Setelah meyakini tanggal awal Ramadhan, jamaah Naqsabandiyah akan berpuasa 30 hari penuh, kemudian hari berikutnya baru merayakan Idul Fitri. Dari tanggal itu sudah dipastikan kapan perayaan Idul Adha. [yy/okezone]