19 Safar 1443  |  Senin 27 September 2021

basmalah.png

Mau Tanam Saham di Indonesia? Baca Dulu Tips Ini

Mau Tanam Saham di Indonesia? Baca Dulu Tips IniFiqhislam.com - Sebagai orang yang baru memulai investasi, kita pasti ingin mendapatkan untung banyak. Namun apabila Anda ingin memulai berinvestasi di pasar modal Indonesia maka jangan cenderung serakah.

Analis Pasar modal Nico Omer menuturkan, Anda sebenarnya cukup mengalokasikan lima sampai 10 saham dalam portofolio dari berbagai sektor.

"Jangan serakah untuk berinvestasi. Cukup koleksi lima hingga 10 saja dari berbagai sektor, supaya Anda fokus," ungkapnya dalam acara "Total Investmen" Preparing Your Way to Investing, Plaza Bapindo, Jakarta, Sabtu (8/10/2011).

Pasalnya, jika investor terlalu banyak untuk mengkoleksi saham dalam portofolionya, dapat dipastikan investor akan kewalahan dalam memperhatikan fundamental daripada perusahaan tersebut.

"Bayangkan saja, Anda koleksi 60 saham dalam portofolio. Anda bisa kesulitan untuk membaca laporan keuangannya, karena Anda juga harus memperhatikan fundamental daripada perusahaan tersebut," tambah dia.

Di sisi lain dalam mengambil keputusan berinvestasi, harus mengambil keputusan berdasarkan fakta. Jangan sesekali Anda  membiarkan emosi terlibat.

Selain itu, tambah dia, pusatkan perhatian pada perusahaan dengan pertumbuhan penjualan dan laba yang bersih, cash flow yang positif, return of equity yang tinggi.

Ghita Intan Permatasari - Okezone