fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


5 Ramadhan 1442  |  Sabtu 17 April 2021

Ingin Investasi? Jangan Malas Baca Laporan Keuangan

Ingin Investasi? Jangan Malas Baca Laporan KeuanganFiqhislam.com - Jika Anda ingin memulai berinvestasi di pasar modal, jangan malas untuk membaca laporan keuangan emiten yang terdaftar di PT Bursa Efek Indonesia (BEI).

Analis Pasar Modal Nico Omer menuturkan, laporan keuangan merupakan kunci untuk mengetahui sebuah fundamental dari sebuah emiten yang akan Anda beli.

"Bagaimana Anda akan untung kalau Anda sendiri tidak mengerti bagaimana fundamental perusahaan/emiten yang akan koleksi sebagai portofolio daripada investasi anda. Maka dari itu jangan bosan untuk membaca laporan keuangan," ungkapnya dalam acara Total Investmen Preparing Your Way to Investing, Plaza Bapindo, Jakarta, Sabtu (8/10/2011).

Dia menambahkan, ada tiga hal yang penting dan harus diperhatikan dalam melihat laporan keuangan sebuah emiten. Pertama, he Balance Sheet atau neraca. Dimana aset perusahaan harus seimbang dengan utang atau modal yang dimiliki oleh perusahaan harus seimbang.

Kedua, adalah laporan laba atau rugi suatu perusahaan atau emiten tersebut. Tentunya perseroan harus memiliki laba bersih untuk dipilih untuk berinvestasi.

Ketiga adalah cash flow perusahaan tersebut. Dimana uang yang masuk haruslah seimbang dengan uang yang keluar.

Karenannya Nico berpesan jika seorang investor ingin berhasil dalam melakukan investasi, maka belilah saham dengan fundamental yang kokoh dan membeli dalam harga yang rendah.

Dan yang paling penting, kata dia, adalah fokus terhadap bisnis daripada emiten itu sendiri dan harga sahamnya akan mengikutinya. "Jangan lihat untungnya dulu, lihat juga risikonya," tukas Nico.

Ghita Intan Permatasari - Okezone