25 Dzulhijjah 1442  |  Rabu 04 Agustus 2021

basmalah.png

Go Public

Go PublicFiqhislam.com - Istilah go public sudah begitu populer di masyarakat, baik masyarakat kota maupun desa, sehingga istilah ini sering disebut-sebut dalam kegiatan sehari-hari.

Namun begitu, pemahaman terhadap istilah ini belum tentu merata di seluruh lapisan masyarakat, termasuk di daerah perkotaan yang sudah maju sekalipun. Belum banyak yang memahami apa sebenarnya makna go public dan apa manfaat yang bisa diambil dari aksi go public. Buktinya, jumlah perusahaan yang sudah go public di Indonesia masih relatif kecil dibandingkan ribuan perusahaan sehat yang ada.

Go public bukan berarti sekadar menjual saham perusahaan ke masyarakat luas. Lebih dari itu, go public bermakna kesediaan pemegang saham mayoritas atau pendiri untuk mengajak masyarakat menjadi pemegang saham perusahaan.

Perusahaan menerbitkan saham baru dan menjualnya ke masyarakat. Dana yang didapatkan dari hasil penjualan saham ini digunakan untuk kepentingan pengembangan perusahaan, yaitu untuk kebutuhan ekspansi hingga membayar utang.

Pemahaman mengenai konsep go public belum berhenti di situ. Go public juga berarti kesediaan pemegang saham mayoritas atau pendiri untuk bersikap terbuka. Karena masyarakat luas ikut menjadi pemegang saham, maka pemegang saham mayoritas harus bersedia jika seluruh kegiatan operasionalnya dipantau dan diawasi oleh masyarakat.

Masyarakat juga berhak mendapatkan informasi material yang berkaitan dengan kegiatan operasional perusahaan. Oleh karena itu, menyembunyikan informasi yang bersifat material masuk dalam ranah sikap yang dilarang bagi perusahaan yang sudah go public.

Lantas, apa saja manfaat yang bisa dipetik bagi perusahaan yang telah go public. Cukup banyak. Pertama, perusahaan menjadi terkenal. Artinya ada peningkatan citra perusahaan di mata publik, sebab perusahaan publik akan selalu mendapat perhatian dari media dan komunitas keuangan. Hal ini berarti bahwa perusahaan tersebut mendapatkan publikasi secara cuma-cuma, sehingga dapat meningkatkan citranya.

Kedua, memperoleh sumber dana baru di pasar modal. Perusahaan memperoleh dana segar melalui hasil penjualan saham kepada publik dan sahamnya diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia (BEI). Dengan begitu, kalangan perbankan akan dapat lebih mengenal dan percaya kepada perusahaan.

Hal ini jelas akan mempermudah akses perusahaan untuk masuk ke pasar uang melalui penerbitan surat utang, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Umumnya pembeli surat utang lebih suka jika perusahaan yang menerbitkan surat utang tersebut sudah menjadi perusahaan publik.

Ketiga, meningkatkan nilai perusahaan. Dengan menjadi perusahaan publik yang sahamnya diperdagangkan, maka setiap saat dapat diperoleh valuasi terhadap nilai perusahaan. Keempat, memberikan competitive advantage bagi pengembangan usaha. Melalui inisiatif go public, perusahaan bisa mengajak para rekan kerjanya seperti pemasok (supplier) dan pembeli (buyer) untuk turut menjadi pemegang saham perusahaan.

Selain itu, dengan go public perusahaan dituntut banyak pihak untuk selalu meningkatkan kualitas kerja operasionalnya, seperti dalam hal pelayanan kepada pelanggan ataupun kepada para stakeholders lainnya, sistem pelaporan, dan aspek pengawasan. Dengan demikian akan tercipta suatu kondisi yang senantiasa memacu perusahaan dan seluruh karyawannya untuk dapat selalu memberikan hasil yang terbaik.

Kelima, meningkatkan going concern. Dengan menjadi perusahaan publik, segala macam tantangan dan permasalahan yang muncul tidak lagi semata hanya menjadi persoalan pendiri, tetapi juga menjadi permasalahan banyak pihak yang menjadi pemegang saham. Banyak pihak yang akan turut memikirkan solusi-solusi terbaik agar perusahaan dapat terus berkembang.

Keenam, mempermudah perusahaan dalam melakukan restrukturisasi usaha maupun restrukturisasi utang. Dalam hal terjadi kredit macet di perusahaan publik, maka tersedia jalan keluar bagi kreditur, yaitu melalui konversi utang menjadi saham. Saham ini selanjutnya dapat dijual ke publik melalui BEI. (Tim BEI)

economy.okezone.com