fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


29 Ramadhan 1442  |  Selasa 11 Mei 2021

Istilah Investasi Global

Istilah Investasi Global Fiqhislam.com - Akhir-akhir ini, kondisi goncangnya pereekonomian beberapa negara Eropa berimbas pada dunia investasi internasional dan menjadi berita di mana-mana. 

Namun, ada beberapa istilah yang sering disinggung tetapi kurang umum sehingga sulit dipahami bagi sebagian orang. Berikut ini adalah beberapa istilah ekonomi dan investasi global yang banyak disinggung dalam konteks tersebut:

Safe haven currency

Merupakan mata uang yang dianggap aman untuk dimiliki pelaku pasar pada saat kondisi pasar dipenuhi ketidak pastian.  Saat ini ada beberapa mata uang yang dikenal sebagai safe haven currency adalah dolar AS, franc Swiss (CHF), dan yen Jepang. 

Dolar AS berubah menjadi first safe haven currency dengan menggeser yen, terutama sejak merebaknya krisis subprime mortgage yang berlanjut dengan krisis finansial di Amerika, serta krisis utang di negara kawasan Eropa, yang biasa disebut Euro Zone itu. Selain mata uang, instrumen safe haven lainnya yang populer adalah emas. 

Buy the Rumours, Sell the Fact

Merupakan jargon di pasar mata uang (foreign exchange/forex market) yang menunjukkan perilaku pelaku pasar yang merespon berita/rumor positif hingga melakukan posisi beli (buy) dan mendorong kenaikan mata uang. 

Namun ternyata kondisi yang sebenarnya berbeda dengan rumor tersebut sehingga menyebabkan aksi jual dan telah memicu pelemahan mata uang.

QE BOE

Yang berarti quantitative easing Bank of England. Sama seperti bank sentral lainnya di dunia, bank sentral Inggris yaitu Bank of England (BOE) juga menerapkan kebijakan quantitative easing dengan cara membeli obligasi negara Inggris (biasa disebut gilt). 

BOE telah membeli 165 miliar poundsterling gilt pada akhir September 2009 dan 175 poundsterling pada akhir Oktober 2010.

Aksi tersebut merupakan bentuk intervensi dengan membeli aset atau obligasi pemerintah yang ada di pasar untuk menyuntikkan dana ke pasar dan menyebabkan harga efek itu terangkat dan menekan imbal hasilnya (yield) di pasar.

Big Dollar

Merupakan julukan untuk dolar AS yang merupakan mata uang yang paling banyak diperdagangkan di pasar uang dunia dengan volume transaksi rata-rata lebih dari US$ 1 triliun. 

Dibandingkan dengan dolar lainnya yaitu dolar Kanada, dolar Australia, dolar Singapore, dan dolar Hongkong, dolar AS juga lebih unggul sehingga mendapat gelar big dollar.

Efek Domino Krisis Yunani

Efek domino krisis Yunani dapat mengenai negara anggota Euro Zone lainnya. Hingga saat ini negara yang mengalami krisis utang dan defisit adalah Portugal, Irlandia & Spanyol. 

Perbankan Uni Eropa juga berpotensi terkena getah krisis ini, karena perbankan di Euro Zone banyak memiliki eksposur obligasi negara anggota PIGS. 

Yang termutakhir adalah ancaman downgrade Moody's atas perbankan Prancis, karena menjadi pemilik terbesar obligasi Yunani. Potensi gagal bayar (default) Yunani berdampak pada turunnya kualitas asset yang dimilikinya.

Peringkat Perancis yang berada di level AAA dan beberapa peringkat negara Eropa lain justru terkena penurunan peringkat oleh pemeringkat global lain yaitu Standard & Poor's. 

Sumber: Today's Glossary dari Morning View PT Bank Negara Indonesia Tbk

bisnis.com