pustaka.png.orig
basmalah.png


8 Dzulqa'dah 1442  |  Jumat 18 Juni 2021

Laporan Tahunan Emiten

Laporan Tahunan EmitenFiqhislam.com - Status sebagai perusahaan publik atau terbuka (Tbk) memiliki konsekuensi tersendiri bagi manajemen perusahaan. Manajemen harus bersikap terbuka kepada masyarakat, baik sebagai pemegang saham maupun sebagai stakeholders atau calon pemegang saham.

Keterbukaan itu disampaikan melalui laporan tahunan emiten. Sesuai Peraturan Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) No. X.K.6 tentang Kewajiban Penyampaian Laporan Tahunan bagi Emiten dan Perusahaan Publik, setiap emiten secara berkala atau periodik wajib menyampaikan laporan tahunan kepada Bapepam-LK.

Bapepam-LK menilai laporan tahunan emiten dan perusahaan publik merupakan sumber informasi penting tentang kinerja dan prospek perusahaan bagi pemegang saham dan masyarakat sebagai salah satu dasar pertimbangan dalam pengambilan keputusan investasi.cBegitu pentingnya masalah laporan tahunan ini, Bapepam-LK mengatur dengan detil tata cara, format, media penyampaian laporan tahunan, hingga sanksi yang akan dikenakan kepada emiten yang mengabaikannya.

Dalam peraturan Bapepam-LK yang mulai berlaku pada awal 2013 mendatang, disebutkan bahwa emiten atau perusahaan publik wajib menyampaikan laporan tahunan kepada Bapepam-LK paling lama empat bulan setelah tahun buku berakhir. Jadi, misalnya tahun buku perusahaan ditentukan pada akhir Desember, maka penyerahan laporan tahunan dilakukan paling lambat akhir April tahun berikutnya.

Khusus untuk emiten yang baru memperoleh pernyataan efektif, pada akhir tahun buku pertama setelah pernyataan tersebut, maka batas waktu penyampaian laporan tahunannya ke Bapepam-LK adalah paling lambat pada saat panggilan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) atau pada akhir bulan ke-6 (enam) setelah tahun buku berakhir, tergantung mana yang lebih dahulu.

Gambarannya begini. Jika perusahaan X memperoleh pernyataan efektif sebagai perusahaan publik pada Januari 2012 dan tahun bukunya berakhir pada bulan Desember, maka ia wajib menyampaikan laporan tahunan paling lama saat panggilan RUPST atau pada akhir bulan Juni, tergantung mana yang lebih dulu.

Laporan tahunan disampaikan dalam bentuk dokumen fisik (hard copy) minimum dua eksemplar, di mana satu di antaranya dalam bentuk asli, dan disertai dengan laporan dalam bentuk dokumen elektronik (soft copy). Laporan tahunan dalam bentuk asli yang dimaksud adalah laporan tahunan yang wajib dibubuhi tanda tangan secara langsung oleh seluruh anggota Dewan Komisaris dan Direksi.

Laporan tahunan wajib dimuat dalam laman (website) emiten atau perusahaan publik bersamaan dengan disampaikannya laporan tahunan tersebut kepada Bapepam-LK. Laman (website) tadi harus dapat diakses setiap saat oleh publik. Laporan tahunan wajib tersedia bagi para pemegang saham pada saat panggilan RUPST. Dengan begitu, setiap emiten harus memiliki laman website di internet sehingga setiap orang, siapapun dia, bisa melihat laporan tahunan setiap emiten di website masing-masing emiten.

Untuk emiten yang hanya menerbitkan efek bersifat utang dan/atau sukuk dan telah menyelesaikan seluruh kewajiban yang terkait dengan efek bersifat utang dan/atau sukuk yang diterbitkan sampai dengan batas waktu penyampaian laporan tahunan, maka emiten dikecualikan dari kewajiban menyampaikan laporan tahunan. Artinya, untuk emiten obligasi yang sudah melunasi semua kewajiban terkait obligasi yang diterbitkan, maka ia tidak lagi diwajibkan untuk menyampaikan laporan tahunan ke Bapepam-LK.

Bagi emiten yang efeknya tercatat di bursa efek di Indonesia, yaitu Bursa Efek Indonesia (BEI), dan bursa efek di negara lain, dimana ketentuan batas waktu penyampaian laporan tahunan yang ditetapkan oleh Bapepam-LK berbeda dengan ketentuan yang ditetapkan oleh otoritas pasar modal di negara lain tersebut, maka:

1. Batas waktu penyampaian laporan tahunan kepada Bapepam-LK dapat dilakukan mengikuti batas waktu penyampaian laporan tahunan kepada otoritas pasar modal di negara lain;

2. Penyampaian laporan tahunan kepada Bapepam-LK dilakukan pada tanggal yang sama dengan penyampaian laporan tahunan kepada otoritas pasar modal di negara lain; dan

3. Laporan tahunan yang disampaikan kepada Bapepam-LK dan otoritas pasar modal di negara lain wajib memuat informasi yang sama.

Jika batas waktu penyampaian laporan tahunan jatuh pada hari libur, maka laporan tahunan wajib disampaikan paling lama pada satu hari kerja berikutnya. (Tim BEI/yy/okezone)