fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


1 Ramadhan 1442  |  Selasa 13 April 2021

Bagaimana Melakukan Investasi pada Hedge Fund ?

Investor yang ingin melakukan investasi pada hedge fund harus bertanya kepada pemain pasar dan membuka kuping  selebar-lebarnya untuk mendapatkan informasi tentang keberadaan hedge fund. Hanya kalangan terbatas saja yang dapat mengetahui tentang hedge fund tersebut karena sangat riskan bila diketahui publik .

Investasi pada hedge fund sebaiknya mengikuti prose’s tahapan sebagai berikut :
Pertama menentukan tujuan dari investasi. Tujuan investasi yang dimaksud termasuk time horizon dan batasan dana yang dimiliki.di tahap pertama ini termasuk juga untuk menentukan ke dalam bentuk instrumen investasi apa dana tersebut diinvestasikan.

Kedua, memilih struktur dan strategi yang tepat. Pengendalian dan kustodian dibutuhkan untuk seluruh asset yang diinvestasikan, maka investasi harus dibuat melalui akun yang terpisah, bila tidak dibutuhkan maka pada reksa dana yang ada dapat dilakukan. Sedangkan strategi yang dipilih harus didasarkan pada ekspektasi yang beralasan yaitu mencapai tujuan kinerja yang disepakati, memenuhi parameter yang ditentukan pada awal dan dioperasikan sesuai struktur hedge fund yang dipilih.

Ketiga , memilih hedge fund yang dikelola oleh manajer investasi yang telah mempunyai track record.

Dalam memilih hedage fund , para investor harus melakukan analisis kuantitatif dan kualitatif. Kedua analisis tersebut sangat penting agar dana yang diinvestasikan kepada hedge fund tersebut betul-betul habis seluruhnya.

Merlina halim | wealthindonesia.com