21 Dzulhijjah 1442  |  Sabtu 31 Juli 2021

basmalah.png

Hal Yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Deviden Saham

Deviden adalah pembagian laba dari perusahaan kepada pemegang saham. Apapun bentuknya, deviden merupakan suatu yang ditunggu-tunggu oleh semua pemegang saham dan investor. Pada masa pembagian saham ini, mereka para investor dan pemegang saham serasa panen.

Jelas saja, mereka akan mendapatkan pembagian laba dari investasi yang ia tanam pada perusahaan tersebut. Bagi perusahaan sendiri, dividen merupakan salah satu bukti bahwa reputasi perusahaan tersebut masih baik dan bisa dipertanggungjawabkan. Deviden dibagi menjadi 3 bagian, yaitu:

 

  1. deviden tunai, laba yang dibagikan berupa uang tunai

  2. deviden saham, laba yang dibagikan berupa saham yang menyebabkan bertambahnya jumlah saham yang dimiliki oleh pemegang saham

  3. deviden properti, deviden yang pemakaiannya jarang dipergunakan.

 

 

 

Mengapa perusahaan memilih untuk membagikan dividen saham dibandingkan dengan dividen tunai. Sebenarnya tidak juga, secara umum perusahaan justru membagikan dividen secara tunai dan dalam bentuk saham. Pembagian dividen dalam bentuk saham merupakan salah satu bentuk variasi saja dari pembagian dividen secara keseluruhan.

Pembagian deviden dalam bentuk saham atau yang lebih dikenal dengan nama deviden saham memiliki nilai plus tersendiri, yaitu para pemegang saham memiliki tambahan saham yang itu artinya kepemilikan mereka terhadap perusahaan juga akan bertambah. Semakin besar porsi kepemilikan mereka terhadap suatu saham, maka akan semakin besar pula hak yang mereka miliki terhadap perusahaan tersebut.

 

Bila kita sebagai investor, manakah yang akan kita pilih? deviden saham ataukah deviden tunai? Dua-duanya memiliki keuntungan masing-masing. Deviden tunai misalnya, para investor bisa menikmati deviden tersebut dalam bentuk uang. Bila jumlahnya sedikit mungkin memang tak terlalu berpengaruh, tapi bagaimana bila jumlahnya sangat besar dan krusial, tentunya investor bisa memanfaatkan uang tersebut untuk berbagai macam hal.

Namun dengan dividen tunai, porsi kepemilikan pemegang saham terhadap perusahaan masih tetap dan tak berubah. Mereka bisa menikmati sepuasnya dan mempergunakan untuk apa saja uang dari hasil dividen tunai tersebut, namun porsi kepemilikan tetaplah sama dan tidak bertambah.

Sedangkan bila pembagian dividen tersebut dalam bentuk saham, investor tak bisa menikmati uang hasil dividen tersebut, namun dari segi kepemilikan investor memiliki nilai tambah karena kepemilikan terhadap perusahaan berubah yaitu menjadi bertambah banyak.

Hak untuk membagikan dividen baik berupa tunai maupun saham juga terletak sepenuhnya pada perusahaan dan bukan kepada pemegang saham. Apakah perusahaan akan membagikan dividen atau tidak, lalu dalam bentuk apa dividen tersebut akan dibagikan, dan bagaimana pembagiannya, semua itu adalah kebijakan perusahaan.

bisnisdaninvestasi.com