11 Safar 1443  |  Minggu 19 September 2021

basmalah.png

Harga Tak Menentu, Ini Tips Investasi Emas

Harga Tak Menentu, Ini Tips Investasi EmasHarga logam mulia beberapa hari terakhir tidak menentu. Bahkan, jika sebelumnya sempat turun ke Rp559 ribu per gram, pada Jumat 9 September 2011, emas kembali melonjak Rp572 ribu per gram.

Analis komoditas emas, Mulyadi Tjung, memberi tips secara khusus bagi pembaca VIVAnews.com yang akan membeli emas dalam menghadapi situasi harga yang fluktuatif ini.

"Karena harga sangat tinggi, fluktuasi dua persen saja telah menyebabkan harga berubah besar," kata Mulyadi ketika berbincang dengan VIVAnews.com.

Harga emas ini, lanjut Mulyadi, dipengaruhi oleh kondisi makro ekonomi global dan nilai tukar dolar Amerika. "Jika ekonomi global membaik, harga emas justru akan turun. Semakin tidak menentu kondisi ekonomi, semakin tinggi harga emas," ungkapnya.

Jika terjadi fluktuasi seperti ini, Mulyadi menyarankan para investor emas, baik pemula maupun lama, sebaiknya menahan diri agar tidak menjual maupun membeli emas.

"Sebaiknya tahan saja, buat jangka panjang. Tidak usah ikuti harga harian," kata dia. "Kalau baru mulai berinvestasi, gunakan uang sebagian, agar kalau harganya turun bisa beli lagi," tutur Mulyadi.

Harga emas itu, Mulyadi melanjutkan, trennya selalu naik, sehingga jika ingin berinvestasi emas harus dilakukan sekarang. "Kalau tidak masuk sekarang nanti 'tertinggal kereta', tapi kalau masuk kekuatan penuh, saat harga turun tak bisa beli lagi," tuturnya.

Pilihan investasi antara emas batangan dan perhiasan, Mulyadi menegaskan, lebih baik berinvestasi emas batangan, karena jika perhiasan kadarnya tidak 99,99 persen dan perhiasan juga dikenai biaya pembuatan.

"Investasinya, harga turun beli, pas naik jual, semudah itu," ungkapnya.

Sementara itu, cara penyimpanan emas batangan itu, lanjut Mulyadi, lebih baik tidak di rumah, tetapi di safety box. "Jangan juga digadaikan, kalau biaya gadai kan ada biaya simpan," kata Mulyadi.

Sementara itu, berdasarkan data yang dikutip VIVAnews.com dari situs resmi PT Aneka Tambang Tbk, Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia, logammulia.com, per Jumat 9 September 2011, harga emas batangan untuk ukuran satu gram melonjak kembali menjadi Rp572 ribu per gram, padahal sehari sebelumnya Rp559 ribu per gram.

Selanjutnya, ukuran dua gram juga naik menjadi Rp551 ribu per gram, lalu untuk ukuran 2,5 gram Rp546.800 per gram. Sedangkan harga beli kembali Antam juga naik menjadi Rp515 ribu dari sebelumnya Rp502 ribu per gram.

vivanews.com