21 Dzulhijjah 1442  |  Sabtu 31 Juli 2021

basmalah.png

Sri Mulyani Prediksi Ekonomi RI Kuartal III Minus 2%

Sri Mulyani Prediksi Ekonomi RI Kuartal III Minus 2%

Fiqhislam.com - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memprediksi kuartal III-2020 berada di kisaran 0% hingga minus 2%. Hal ini bisa menjadi signal resesi di Indonesia.

Menteri Keuangan (Menkeu) mengatakan pandemi virus covid-19 masih akan menekan ekonomi Indonesia. Adapun resiko tekanan pada pasar keuangan belum pulih. srrta proyeksi pada tahun 2020 bisa minus 1,1% hingga 0%.

"Kita memang melihat di kuartal III downside risk tetap menunjukkan risiko yang nyata, kuartal III outlook-nya antara 0% hingga negatif 2%," kata Sri Mulyani dalam konferensi APBN KiTa, Selasa (25/8/2020).

Dia melanjutkam berbagai negara mulai memperlihatkan kontraksi ekonomi yang semakin nyata, baik di negara maju maupun negara berkembang. Pertumbuhan ekonomi yang negatif, bahkan hingga menyentuh angka 2 digit ini, terjadi akibat ketidakpastian yang cukup tinggi terutama karena masih dibayangi oleh pandemi Covid-19.

"PDB negara-negara ASEAN-5 pun tidak luput dari pertumbuhan negatif hingga 2 digit," katanya.

Dia menambahkan pandemi ininmasih menjadi faktor utama yang menentukan kegiatan dan pemulihan ekonomi . Perbaikan bulan Juli ini masih berlanjut tapi belum ada tanda-tanda yang sifatnya masih sangat rapuh.

"Pemulihan ekonomi kita sangat rapuh," tandasnya. [yy/okezone]