12 Safar 1443  |  Senin 20 September 2021

basmalah.png

Sri Mulyani Kerek Belanja Negara Demi Dongkrak Ekonomi Kuartal III/2020

Sri Mulyani Kerek Belanja Negara Demi Dongkrak Ekonomi Kuartal III/2020

Fiqhislam.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, bakal menggenjot realisasi belanja negara pada tahun ini. Hal ini dilakukan untuk mendorong perekonomian nasional di kuartal III 2020, setelah diprediksi akan tumbuh negatif pada kuartal II-2020.

"Kita akan terus memonitor secara detail pada minggu per minggu agar bisa jalan, sehingga kuartal III nanti perekonomian kita bisa mulai tumbuh dan bangkit lagi," kata Sri Mulyani di Jakarta, Rabu (24/6/2020).

Dia menjelaskan, pemulihan ekonomi nasional memang harus dilakukan pada semester II tahun ini. Hal ini untuk mendukung akselerasi pemulihan ekonomi nasional pada tahun depan, yang ditargetkan bisa mencapai antara 4,5-5,5%.

"Dengan demikian momentum pemulihan ekonomi dapat mulai terjaga dan kita jaga terus sampai tahun depan. Meski covid masih memberikan tambahan risiko terhadap langkah pemulihan tersebut," ungkapnya.

Kata dia kenaikan belanja negara akan mempengaruhi pelebaran defisit Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Oleh karena itu, pemerintah merevisi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 54 Tahun 2020.

"Postur anggaran yang defisitnya memang lebih besar tapi itu untuk mendanai belanja-belanja baik untuk bansos, UMKM, insentif dunia usaha, maupun dalam mendorong sektor keuangan, perbankan dalam rangka mendorong sektor korporasi," pungkasnya. [yy/sindonews]