14 Syawal 1441  |  Sabtu 06 Juni 2020

Aceh Jadi Model Ekonomi dan Keuangan Syariah di IndonesiaFiqhislam.com - Wakil Ketua Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) Pusat, Dr Adiwarman A Karim menyatakan, Aceh telah menjadi model ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia.

"Keputusan konversi (perubahan total) dari konvensional menuju ke syariah menjadi suatu momentum yang sangat ditunggu-tunggu keberhasilannya di Tanah Air," katanya di sela-sela mengisi pengajian rutin Kaukus Wartawan Peduli Syariat Islam (KWPSI) di Banda Aceh, Kamis (18/02/2016) malam.

Ia menjelaskan dua lembaga keuangan yang direncanakan akan berubah dari konvensional ke syariah pada Agustus 2016 adalah PT Bank Aceh dan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Mustaqim Sukamakmur.

"Jika Aceh berhasil, maka akan menjadi contoh bagi perbankan dan lembaga keuangan di provinsi lain untuk menerapkan sistem syariah," terangnya.

Adiwarman Karim yang juga praktisi ekonomi syariah mengatakan konversi Bank Aceh saat ini menjadi satu-satunya harapan Indonesia untuk meningkatkan market share (pangsa pasar) perbankan syariah.

Ia menyebutkan secara nasional, pangsa pasar perbankan syariah masih di bawah 4,6 persen dan dengan konversi Bank Aceh ke syariah akan meningkat menjadi di atas 5 persen. Sedangkan di Aceh meningkat dari 12 persen menjadi 65 persen.

Ia mengatakan ada tiga prinsip ekonomi syariah yakni Takhalli yaitu mengeluarkan semua hal buruk dan meninggalkan semua keharaman dalam berbisnis dengan prinsip syariah.

Prinsip kedua, Tahalli yaitu cerdas dan ketiga Tajalli yaitu menjalankan kegiatan ekonomi yang dilengkapi dengan perbuatan-perbuatan derma dan kepedulian tinggi kepada masyarakat sekitar sebagai bentuk penampakkan kasih sayang Tuhan kepada sesamanya.

"Prinsip ekonomi syariah itu mewujudkan keadilan ekonomi, sehingga tidak boleh kekayaan itu menumpuk pada seseorang satu lembaga saja, sementara yang lain di sekitarnya masih hidup susah," katanya.

Dalam pengajian rutin tersebut turut hadir diantaranya Direktur Syariah dan SDM Bank Aceh, Haizir Sulaiman, Dirut BPR Mustaqim Sukamakmur, T Hanasyah, wartawan anggota KWPSI, mahasiswa, santri dan ormas Islam. [yy/rimanews]

head.jpg
head.jpg
head.jpg
head.jpg
head.jpg
head.jpg
head.jpg
head.jpg
head.jpg
head.jpg
2007 ~ 2020  |  Copyright  Fiqhislam.com  |  Design by JoomlaShine