29 Rabiul-Akhir 1443  |  Sabtu 04 Desember 2021

basmalah.png

Peluang Bisnis dari Pusat Grosir Busana Muslim

Peluang Bisnis dari Pusat Grosir Busana Muslim

Fiqhislam.com - Lebih dari 1000 toko milik pengusaha kecil dan menengah, yang juga adalah produsen busana muslim di area UKM Thamrin City lantai 5 memberikan kesempatan belanja produk UKM berkualitas harga terjangkau, juga membuka peluang usaha bagi Anda yang tertarik menjadireseller busana muslim dan aksesorinya.
 
Pusat grosir ini menjadi tujuan belanja para agen/distributor juga kalangan artis yang berbisnis busana muslim serta mal ternama pun membelanjakan produk busana muslim di tempat ini. Kualitas produk UKM busana muslim semakin meningkat dan diakui berbagai kalangan. Buktinya, ragam produk yang dijual di pusat grosir ini kerap dijual kembali di berbagai pasar  grosir, mal, butik di dalam dan luar negeri.
 
Menurut H Fikri, MAg, MBA, Ketua Persatuan UKM Thamrin City kualitas busana muslim produk UKM terus mengalami peningkatan. Model busana terutama kerudung yang menjadi produk andalan di pusat grosir ini juga sekamin inovatif menyesuaikan tren dan kebutuhan pasar.
 
"UKM mulai berdagang di Thamrin City lantai 5 ini mulai 2005-2006. Dua tahun terakhir jumlah UKM bertambah banyak, pada 2012 lebih dari 1000 UKM. Yang belanja di sini bukan hanya pedagang dari ITC atau pasar grosir dari berbagai daerah, namun juga pedagang besar,"jelasnya saat saat temu media di Thamrin City, Jakarta, beberapa waktu lalu.
 
Senin dan Kamis mulai pukul 04:00 hingga 12:00 merupakan waktu puncak untuk belanja grosir produk UKM busana muslim. Pada dua hari belanja grosir ini, omset penjualan UKM mencapai Rp 5-100 juta.
 
"Produk UKM 70-80 persennya dijual grosir, namun ritel juga dilayani. Kecenderungannya omset besar namun margin masih kecil sekitar 5-7 persen. Namun produk UKM ini terus berkembang dan bahkan sudah menjadi tuan rumah di negeri sendiri dan berhasil mengatasi serbuan produk impor terutama dari China selama dua tahun belakangan,"tuturnya.
 
Jika Anda berminat mencari peluang bisnis dari pusat grosir ini, paparan fakta berikut bisa menjadi pertimbangannya. Fikri mengatakan, produk kerudung paling menonjol dari segi model dan jumlahnya juga mendominasi di pusat grosir ini. Bisa dibilang kerudung adalah produk UKM unggulan di area UKM Thamrin City lantai 5.
 
Meski begitu, dua tahun terakhir busana muslim seperti baju koko juga terus berkembang dari segi kualitas desainnya. Sama halnya dengan pilihan mukena yang mengalami peningkatan dua tahun belakangan. Sementara busana muslim berkembang setahun terakhir di pusat grosir ini.
 
Alih-alih memproduksi sendiri kerudung atau busana muslim yang membutuhkan biaya tinggi, Anda bisa mencari peluang bisnis dengan menjadi reseller dari pusat grosir ini. Apalagi menurut Fikri, harga grosir yang kompetitif bisa memudahkan reseller dalam menentukan harga jual secara eceran. 
 
Tak perlu heran jika barang yang Anda beli di pusat grosir ini bisa Anda temui di mal ternama dengan harga satuan yang dibanderol berkali-kali lipat. Sebuah sajadah seharga Rp 120.000 misalnya, bisa dijual Rp 700.000 di mal ternama di Jakarta. 
 
Anda bisa mengatur sendiri strategi harga jika ingin berbisnis produk UKM bermitra dengan produsen busana muslim dair pusat grosir ini. [yy/kompas]