pustaka.png.orig
basmalah.png


12 Dzulqa'dah 1442  |  Selasa 22 Juni 2021

Peluang Usaha Rumahan Dengan Modal Kecil

Peluang Usaha Rumahan Dengan Modal KecilFiqhislam.com - Banyak orang bilang harus punya modal besar untuk buka usaha. Anggapan itu tidak selamanya benar. Jika telah memiliki keinginan, keyakinan dan rencana yang matang, maka segeralah bertindak untuk mewujudkannya.

Kemudian ditambah dengan kreatifitas dan ketekunan, Anda bisa menyulap hobi, keterampilan atau bakat menjadi bisnis rumahan yang bisa mendatangkan uang yang cukup lumayan (walaupun tidak begitu besar).

Modal besar bukan faktor utama, akan tetapi kerja keras, ketekunan, dan keseriusan itulah modal awal untuk merintis bisnis rumahan. Berikut adalah 6 peluang usaha rumahan dengan modal kecil yang dihimpun detikFinance dari berbagai sumber, Senin (21/04/2013).

Usaha Aneka Gorengan

Siapa yang tidak suka makan gorengan? Makanan ringan satu ini banyak digemari hampir semua kalangan. Berbagai macam ragam jenis gorengan yang telah popular di masyarakat seperti tempe goreng mendoan, tahu isi sumpal, bakwan, cireng, pisang goreng, tape goreng, dan lain-lain.

Jika mampu untuk mengembangkan resep yang lebih inovatif dan unik dari jenis gorengan yang telah ada maka kemungkinan sukses akan lebih besar. Untuk modal awal usaha gorengan ini mulai dari Rp 500.000 sampai Rp 1.000.000 Omzet per hari mulai Rp 100.000 – Rp 300.000 atau keuntungan per bulan sekitar Rp 800.000.

Bisnis Donat yang Nikmat

Kue khas dengan lubang di tengah ini cukup dikenal dan disukai mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Mulai dari donat yang dijual di pasar tradisional hingga donat yang bermerk terkenal yang dijual di mall selalu diserbu para penikmatnya.

Selain rasanya yang empuk, menu donat juga memiliki variant toping yang berwarna menarik. Mulai dari toping gula bubuk, coklat meses atau caramel, coklat kacang, ataupun keju yang menambah kelezatan kue satu ini. Harga donat pun cukup bervariasi mulai dari Rp 1.000 hingga Rp 30.000.

Untuk pemasarannya tidak terlalu sulit, karena makanan ini telah memiliki pasar yang luas. Anda bisa membuka gerai di depan rumah atau dititipkan ke warung makan, toko kue dan snack, bahkan di stock ke pasar.

Untuk modal awal usaha donat ini berkisar Rp 700.000 hingga Rp 1 juta. Omzet per hari berkisar Rp 120.000 dan keuntungan per bulan dapat mencapai Rp 1 juta lebih.

Warung Makan

Dengan memiliki keterampilan memasak Anda bisa membuka bisnis rumahan, yaitu bisnis warung makan. Gunakan resep-resep favorit keluarga atau resep yang sudah Anda kuasai pembuatannya.

Jangan tergiur untuk membuat banyak resep, mulailah dengan 3-4 jenis dahulu. Tambahkan jenisnya jika penjualan mulai stabil. Dengan modal kurang dari Rp 1 juta, bisnis ini sudah dapat dimulai.

Modal untuk bahan-bahan masakan Rp 500.000 hingga Rp 1 juta. Omzet per hari untuk warung makan sederhana ini berkisar Rp 100.000 hingga Rp 200.000.

Berbisnis Aneka Kue

Pilihlah jenis kue-kue yang paling banyak diminati dan paling cocok dikonsumsi sehari-hari. Seperti: brownies kukus, bolu, pastel, risoles, kue lapis, lumpia dan lain-lain. Manfaatkan hari-hari istimewa seperti momen ulang tahun atau lebaran untuk menerima orderan kue kering dan cake.

Jika rumah Anda berada di lokasi yang strategis, mulailah untuk membuka display di garasi atau di teras rumah. Bisnis makanan tergolong paling menguntungkan, mulai dari 50% hingga 100%. Perputaran uang dalam bisnis ini lebih cepat, karena makanan hampir selalu dibayar tunai.

Jadi setelah semua biaya dihitung, tambahkan minimal 50% sebagai keuntungan dalam menghitung harga jualnya. Misalnya 1 resep lumpia ( jadi 30 buah) memerlukan biaya  Rp 40.000. Jika lumpia dijual Rp 2.000 per buah maka keuntungannya (Rp 60.000 – Rp 40.000 = Rp 20.000 atau 50%).

Dalam menentukan harga jual jangan segan memberikan diskon atau pelayanan khusus untuk pembeli dalam jumlah besar, agar volume penjualan meningkat.

Bisnis Pulsa Elektrik

Dewasa ini, isi ulang pulsa elektrik dapat ditemukan di manapun karena usaha ini sangat mudah dan sederhana untuk dilakukan. Anda yang ingin menjalankan bisnis ini tidak memerlukan banyak tenaga, hanya dengan bermodalkan telepon genggam dan uang minimal Rp 100.000 Anda sudah dapat memulainya. Konsumen perdana Anda dapat dimulai dari kalangan keluarga, teman, ataupun tetangga.

Jasa Pengetikan

Konsumen Anda dalam bisnis rumahan jasa pengetikan adalah yang tidak memiliki waktu banyak untuk mengetik sendiri naskah atau tugas-tugasnya, maka Anda dapat mengambil peluang tersebut untuk menjadikan usaha yang menjanjikan.

Yang harus Anda persiapkan dalam menjalani bisnis adalah komputer, printer, scanner dan juga waktu luang yang relatif banyak. Modal awal yang dibutuhkan berkisar Rp 8 hingga Rp 9 juta, namun jika Anda sudah memiliki komputer dan printer sebelumnya, maka dapat menekan pengeluaran biaya peralatan.

Tentunya masih banyak peluang bisnis lainnya, yang dapat kita jadikan sebagai peluang bisnis rumahan yang menguntungkan. Meski dengan modal kecil, asal tetap kerja keras, tekun dan selalu berusaha untuk mengembangkannya, optimis bahwa usaha Anda akan berkembang pesat. Semoga dapat menjadi inspirasi bagi Anda. [yy/finance.
detik.com/foto blogspot.com]