19 Safar 1443  |  Senin 27 September 2021

basmalah.png

Strategi Sukses Berbisnis Kue Kering Prospektif

Strategi Sukses Berbisnis Kue Kering ProspektifBisnis makanan adalah salah satu bisnis yang tahan krisis, karena akan selalu ada pembeli selama manusia membutuhkan makan. Salah satu bisnis makanan yang diminati adalah bisnis kue. Selain mudah dipelajari, bisnis kue juga tidak membutuhkan banyak modal sehingga dapat dilakukan oleh siapa saja asal ada kemauan. Waktu pemasaran juga sangat fleksibel sehingga pekerjaan utama kita tetap bisa dilakukan.

Bisnis kue masih sangat menjanjikan karena sifatnya yang emosional. Maksudnya konsumen tidak membeli kue kering dan cupcake hanya karena rasanya saja, namun juga karena adanya perasaan emosional seperti berkaitan dengan hari ulang tahun, hari kasih sayang, promosi pekerjaan, atau saat-saat spesial lainnya. Saat konsumen membeli kue karena kaitan emosional seperti ini, mereka bersedia membeli dengan harga yang cukup tinggi. Inilah salah satu alasan bisnis kue merupakan bisnis yang masih menjanjikan hingga kini.

Sebelum berbisnis kue, ada empat hal yang harus diperhatikan, yaitu:

1. Daur hidup produk

Kue kering, cupcake, maupun makanan lainnya tentu memiliki kadaluarsa. Sangat penting untuk mengetahui batas kadaluarsa makanan yang akan Anda jual. Sangat penting pula Anda mencantumkan tanggal kadaluarsa karena selain untuk alasan kesehatan, pencantuman tanggal kadaluarsa juga berguna untuk menunjukan itikad baik Anda sebagai pengusaha untuk melindungi konsumen, yang ujung-ujungnya dapat meningkatkan kepercayaan konsumen.

2. Jenis produk makanan yang akan Anda jual

Konsumen akan senang apabila mereka dapat memilih makanan yang akan mereka beli, karena itu sudah kewajiban Anda untuk menyediakan beragam jenis makanan. Nah, masalahnya jenis apa saja yang harus disediakan? Ada dua cara yang mudah untuk mengetahuinya. Pertama adalah melihat tren makanan yang saat ini sedang marak di pasar dan Anda tinggal mengikutinya. Cara kedua yaitu bertanya langsung ke konsumen. Lakukan survey kecil-kecilan pada teman-teman atau calon konsumen Anda untuk mengetahui makanan jenis apa yang mereka inginkan dan Anda tinggal mengikuti jenis makanan yang paling banyak disebutkan dalam survey tersebut. Mudah bukan?

3. Penampilan, baik makanan maupun kemasannya

Konsumen seringkali menilai berkualitas atau tidaknya suatu makanan dari penampilannya. Nah, apabila Anda ingin berbisnis cookies dan cupcake, penampilan produk Anda harus menarik sehingga konsumen pun yakin dengan kualitasnya. Faktor penampilan akan meningkatkan harga jual produk anda.

4. Rasa

Penampilan menarik tanpa didukung rasa yang nikmat tentu akan mengurangi nilai jual suatu makanan. Untuk itu lakukanlah percobaan-percobaan kecil untuk mencari “komposisi” yang pas sebagai ciri khas produk Anda. Lakukan semua percobaan itu dengan melibatkan teman-teman Anda. Selain akan mendapatkan masukan yang sangat bernilai berkaitan dengan rasa, Anda pun akan mendapatkan promosi gratis apabila mereka puas dan menceritakan produk Anda pada orang lain.

Peluang Usaha Bisnis Kue Kering  Ini adalah usaha atau bisnis yang selalu propsektif menjelang hari raya baik itu Lebaran, Natal atau hari raya dan perayaan agama lainnya. Orang cenderung pingin yang tidak ribet dalam menyambut hari raya atau juga karena keterbatasan waktu dan kurangnya pemahaman tentang pembuatan kue kering.

Jadi tidak semua orang bisa meluangkan waktunya untuk membuat kue kering sendiri . Inilah peluang yang harus dimanfaatkan untuk memulai bisnis kue kering bagi anda yang punya waktu luang dan bisa membuat kue. Peluang lain yang terbuka adalah menjadi reseller kue lebaran. Berikut strategi dan tips untuk memulai usaha kue kering:

  • Anggaplah sebagai Hobby. Bagi Anda yang sudah hobbi atau Anda yang sudah memiliki keahlian dalam membuat kue kering itu merupakan salah satu modal untuk memulai bisnis ini. Bagi Anda yang masih baru di bidang ini modal utamanya adalah kemauan dan Anda menyenangi pekerjaan ini untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
  • Cari Banyak Informasi. Anda yang belum memiliki keahlian dalam membuat kue kering carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang pembuatan kue kering yang praktis dan murah salah satunya dengan membeli tabloid yang berisi aneka tips dan resep-resep seputar kue kering, mengumpulkan resep-resep kue kering dari beberapa sumber seperti dari koran, majalah dan televisi atau Anda bisa belajar langsung membuat kue kering dari teman atau saudara buatlah catatan kecil untuk mencatat resep tips dan langkah-langkah dalam pembuatannya.
  • Buatlah TESTER. Tester atau contoh kue kering yang akan Anda pasarkan pada kerabat, tetangga dan teman kantor baik teman kantor suami atau teman kantor teman lain. Ini cukup menentukan, biasanya orang cenderung melihat rasa baru harga. Lampirkan juga brosur yang berisi daftar nama kue kering yang Anda tawarkan lengkap dengan satuannya per kilo atau per toples dengan harganya dan alamat serta nomor telepon yang bisa dihubungi untuk pemesanan. Sebaiknya tester atau contoh kue kering dan brosurnya Anda bagi-bagikan satu bulan sebelum hari raya agar penawarannya bisa maksimal. Lakukan juga promosi via internet baik di facebook, tweeter atau bikin website .
  • Effisien mengeluarkan modal awal. Untuk tahap awal kurangi biaya-biaya yang kurang penting agar Anda tidak terlalu berat dalam mengeluarkan modal di awal-awal usaha, misalnya untuk membeli oven listrik atau mesin-mesin lainnya. Maksimalkan penggunaan alat dapur atau alat-alat dalam pembuatan kue yang sudah Anda miliki, bila alat-alat yang Anda miliki kurang Anda bisa meminjamnya dari teman atau saudara yang sementara tidak menggunakan alat-alat tersebut.
  • Lakukan Survey Pasar. Sebelum memulai bisnis ini, sebaiknya lakukan survey pasar untuk mengetahui daya beli mereka, target pasar atau pemasaran kue kering Anda segmennya pada siapa saja, untuk tahap awal pemasaran bisa Anda lakukan pada tetangga, teman kantor, atau mencoba menitipkannya pada toko-toko makanan. Lalu mencoba memproduksi kue kering dengan biaya produksi yang lebih rendah dari harga jual. Agar harga jual kue kering Anda bisa bersaing.
  • Perhatikan Kualitas Bahan. Anda harus yakin bahwa produk Anda aman untuk dikonsumsi serta mendatangkan keuntungan. Maka Anda harus menggunakan bahan-bahan yang berkualitas atau gunakan bahan-bahan yang masa kadaluarsanya masih lama jangan menggunakan bahan-bahan yang sudah kadaluarsa untuk mendapatkan untung yang banyak tetapi bisa membahayakan kesehatan.
  • Bikin Inovasi Kue Baru. Buatlah kue kering yang belum ada di pasar atau buat kue kering Anda memiliki ciri khas sehingga memiliki perbedaan dari yang lain. Ciri khas bisa kita peroleh dengan mencari ide-ide baru baik dengan penambahan bahan, bentuk yang lucu, dan rasa yang lezat untuk menghasilkan produk yang lebih variatif. Lakukan kontrol dengan ketat terhadap resep dan penggunaan bahan-bahan baku yang Anda gunakan untuk rasa produk yang konsisten.
  • Perhatikan Kemasan Kue. Jika Anda memulai menjalankan usaha kue kering ada hal lain yang penting Anda pikirkan yaitu kemasan yang menarik untuk memberi nilai lebih pada kue kering produksi Anda. Kemasan yang cocok untuk kue kering adalah toples kedap udara atau toples mika dengan penambahan selotip agar toplesnya rapat. Disain atau dengan sedikit penambahan ornament lainnya sehingga bisa lebih terlihat menarik sehingga meningkatkan penjualan.
  • Perhatikan Skala Produksi. Tahap awal memulai usaha kue kering, Anda perlu memikirkan skala produksi dan modal usaha yang diperoleh. Untuk menekan resiko, pada awalnya buatlah kue dalam jumlah yang sekiranya dapat kita jual. Kalaupun tidak terjual, kita bisa manfaatkan sebagai oleh-oleh pulang kampung dan dibagikan kepada sanak saudara. Bukankah ini lebih baik? Sambil meyelam minum air, sambil belajar kita juga bisa bersedekah dan dijamin lebih irit karena kalau kita membeli pasti akan lebih mahal dibandingkan membuat sendiri. Jadi potensi besar, resiko kecil bukan?
  • Percaya diri merupakan hal terpenting dalam memulai suatu usaha, jangan khawatir dan berkecil hati dengan persaingan yang banyak, karena setiap usaha memiliki pasar yang berbeda dan segmen pasar yang luas sehingga usaha kue kering ini masih bisa prospek dan berkembang mengikuti trend yang ada. Bila bisnis ini berkembang dan mendapatkan keuntungan yang lebih, tidak ada salahnya usaha ini bisa Anda lanjutkan dan teruskan tidak hanya berhenti setelah hari raya saja, melainkan bisa lebih berkembang dan berkelanjutan.

Selain strategi kita juga harus melakukan analisa usaha, di antaranya sebagai berikut:

  • Buatlah daftar bahan-bahan yang diperlukan untuk produksi dan kemasan untuk kue kering. Buatlah perincian serinci mungkin bahan yang diperlukan, lalu lakukan survey harga dipasar untuk saat ini untuk mendapatkan perhitungan harganya tepat dan akurat.
  • Rincilah peralatan yang diperlukan dalam pengelolaan kue kering. Setiap tahapan yang dilakukan perlu di rinci barang yang diperlukan. Hitung biaya yang diperlukan dalam melakukan promosi atau pemasaran, termasuk biaya tester kue kering, transportasi untuk menyebarkan contoh dan brosur.
  • Menetapkan harga jual yang bersaing. Dalam menentukan harga jual perlu diperhitungkan biaya bahan baku pembuatan, dan biaya tenaga kerja untuk tingkat keterampilan yang digunakan dalam membuat aneka kue kering.
  • Memperkirakan berapa keuntungan yang diperoleh. Besarnya keuntungan dihitung dari selisih besarnya penerimaan dan biaya operasional tiap periode. (fn/cp/ip/suaramedia.com)