5 Jumadil-Awal 1443  |  Kamis 09 Desember 2021

basmalah.png

Dicari! 20 Waralaba Lokal untuk Go International

http://2.bp.blogspot.com/_f19OGcTrRmw/SLkhrJCqA1I/AAAAAAAAAYE/HhuNbUIMGPU/s320/bisnis_waralaba_murah.jpg

DetikFinance.com - Suhendra - Jakarta - Pada tahun ini sebanyak 20 waralaba baru disiapkan untuk go international (diekspor). Kadin dan Bank Ekspor Indonesia (LPEI), bekerjasama dengan Pehimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia (Wali) sedang membuka pendaftaran bagi pengusaha waralaba yang ingin go international.

"Kadin bekerjasama dengan Bank Eksim, akan dipilih sedikitnya 20 waralaba Indonesia akan dibantu melakukan kegiatannya di pasar internasional," kata Ketua Dewan Pengarah Wali Amir Karamoy di acara Wali Gathering, Jakarta, Jumat (4/6/2010)

Mulai saat ini pihak Wali membuka pendaftaran bagi pengusaha waralaba yang tertarik mengikuti program tersebut. Beberapa syarat yang harus dipenuhi calon peserta program antara lain:

  1. Perusahaan milik WNI (warga negara Indonesia)
  2. Memiliki izin usaha
  3. Produknya memiliki minimal 60% buatan lokal
  4. Bersedia ikut program konsultasi
  5. Bersedia akan mengikuti pelatihan ekspor.
  6. Bersedia mengkuti pameran
  7. Memenuhi kreteria kredit ekspor.

"Akan dibentuk tim juri untuk memilih. Siapa yang berminat, daftar ke Wali, sekarang sudah ada 20 yang daftar. Ini juga terbuka untuk pengusaha waralaba di luar wali," jelas Amir.

Menurut Amir, ini merupakan peluang bagi pengusaha waralaba yang berminat mengekspor atau membuka cabangnya di luar negeri. Peserta yang terpilih juga akan dibantu hingga pembiayaan kredit ekspor. Rencananya upaya go international ini akan didifokuskan untuk wilayah ASEAN, Timur Tengah, dan Australia.

"Jadi bukan hanya kita yang mengambil (waralaba) dari luar ke dalam, tapi justru sebaliknya dari dalam ke luar," tambah Ketua Umum Wali Levita Supit.

Bagi yang berminat, email: evidiah@yahoo.com

(hen/dnl)