fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


29 Ramadhan 1442  |  Selasa 11 Mei 2021

Kini Industri Kreatif Miliki Wadah Tukar Informasi

http://4.bp.blogspot.com/_v0qx_5j8nYg/SSOThe-lcuI/AAAAAAAAACY/YgENbyJhqWA/s320/SDM-2.jpg

Okezone.com - Andina Meryani - JAKARTA - Para pelaku industri kreatif saat ini memiliki wadah untuk saling bertukar informasi untuk mengembangkan industri kreatif melalui media online. Pasalnya, pemerintah melalui Kementerian Perdagangan meluncurkan secara resmi portal www.industrikreatif.net sebagai wadah online industri kreatif. Portal tersebut sebenarnya sudah diluncurkan pada 2009 lalu, hanya saja masih belum sempurna. Pada peluncuran resmi kali ini konten-konten dalam portal tersebut telah disempurnakan.

Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu menyatakan bahwa tujuan dari portal indonesiakreatif.net adalah untuk bertukar informasi terkait event-event di industri kreatif, kemudian juga dapat dijadikan sebagai showcase atau etalase produk-produk kreatif, dan juga ada konten ask the expert sebagai wadah untuk konsultasi.

Namun, saat ini yang terbaru dalam portal tersebut adalah adanya konten bazar sebagai ajang untuk jual-beli.

"Yang penting saya sampaikan adalah ini bukan portal Kementerian Perdagangan atau Pemerintah tapi milik kita semua," ujarnya saat peluncuran portal industri kreatif di Pekan Produk Kreatif Indonesia, di JCC, Senayan, Jakarta, Rabu (23/6/2010).

Selain melalui portal Indonesia kreatif, pelaku industri kreatif juga tetap bisa saling berinteraksi melalui jejaring sosial Facebook dan Twitter. Account Facebook Ekonomi Kreatif Indonesia sudah menjaring facebooker sebanyak 1.891 pengguna dan follower twitter di alamat twitter.com/idcreatif mencapai 1.769 follower. "Melalui jejaring sosial ini banyak insan kreatif yang semakin membantu," tambah Mari.

Diharapkan angka ini dapat terus ditingkatkan lima persen setiap bulan sehingga semakin banyak insan kreatif yang berinteraksi untuk berbagi informasi, ide, peluang, solusi, yang dapat mengakselerasi perkembangan industri kreatif di Indonesia.

"Pemanfaatan teknologi digital secara optimal akan sangat mendukung pengembangan industri kreatif dan dapat menjadi indikator kreativitas Indonesia di tingkat internasional," tandasnya.
(ade)