14 Rabiul-Awal 1443  |  Kamis 21 Oktober 2021

basmalah.png

Strategi Memulai Bisnis Properti

http://www.suaramedia.com/images/resized/images/stories/2berita/1_3_ekonomi/property_200_200.jpg

Suaramedia.com - Perkembangan bisnis properti atau rumah saat ini sedang berkembang pesat. Setiap hari selalu saja ada yang mencari rumah, tanah dan ruang usaha baik yang disewa maupun yang dijual. Ini berarti peluang bisnis dan peluang usaha properti atau rumah terbuka lebar untuk anda yang ingin menghasilkan uang lewat bisnis jual beli rumah. Bisnis jual beli rumah bisa menjadi pilihan yang menarik untuk dilakukan.

Selain tidak membutuhkan modal, cukup mudah untuk dilakukan, tidak menyita waktu, tidak membutuhkan tempat, dan yang paling menarik adalah komisi yang cukup besar menanti.

Target konsumen :


Target konsumen kita adalah orang-orang yang ingin menjual rumah atau properti mereka. Selain itu calon pembeli adalah juga calon konsumen kita.

Hal-hal Yang Dibutuhkan :

Tidaklah dibutuhkan banyak hal untuk memulai bisnis ini. Memang akan lebih baik jika kita mempunyai kemampuan untuk bernegosiasi dan mau bekerja keras. Hampir semua orang dapat menekuni bisnis ini asalkan mempunyai kesabaran dan keuletan.


Pertama, anda perlu mengetahui dimana anda dapat menemukan properti ini, dimana sumbernya sbb:

  • Iklan Baris
  • Memasang iklan (anda katakan bahwa anda adalah investor dengan dana unlimited)
  • Agen properti (anda dapat menitipkan pesan kepada agent untuk memberitahu anda seandainya ada properti dengan : harga dibawah harga pasar, terdesak untuk menjual, dan ada return minimal 10%
  • Menyisir 1 wilayah
  • Teman dan kenalan
  • Bank
  • Pengadilan
  • Klub investasi
  • Profesional (notaris, badan pertanahan, pengacara, petugas pajak, dll)
  • Kedua, yang kita lakukan adalah mencari iklan dikoran atau majalah yang membahas tentang iklan rumah atau juga dapat dengan cara mendatangi kantor real estate agent yang sekarang sudah banyak seperti Ray White, Century 21 dll. Hal pertama yang anda harus cari adalah rumah yang ingin dijual dengan ciri2 tertentu seperti:

    • Dijual senilai NJOP (biasanya lebih rendah dari harga jual)
    • Dijual Segera/Cepat
    • Membutuhkan Uang/Dana
    • Mau dilelang
    • Properti usang (seringkali harganya murah)

    Keuntungan dari properti dengan “kondisi istimewa” seperti ini akan memungkinkan kita untuk melakukan negosiasi yang lebih mudah dengan si pemilk properti. Bila kita telah bertemu dengan pemilik properti maka kita dapat melakukan penawaran dengan harga yang lebih “mahal” dari yang diminta. Agak aneh? Memang dan itu disengaja! Mengapa? Karena dengan “menaikkan” harga dari yang diminta si penjual maka kita dapat “meminta” sesuatu dari si pemilik properti. Misalnya kita minta waktu perpanjangan misalnya 3 bulan atau 6 bulan kemudian baru kita bayar (Sedapat mungkin dilengkapi dengan semacam surat perjanjian antara anda dan si penjual) .

    Setelah anda mendapatkan dokumen persetujuan itu maka kita bisa mulai mencari pembeli sehingga anda tidak perlu mengeluarkan uang atau modal sendiri. Dengan tenggang waktu 3 – 6 bulan tersebut maka anda mempunyai cukup waktu untuk mencari pembeli.

    Untuk lebih menarik si pemilik untuk tetap hanya “terikat” kepada anda maka dapat anda tambahkan dalam perjanjian bahwa anda juga akan “membagi” komisi yang anda terima sebesar 20 – 30 %. Lho kok besar benar? Kenapa tidak, toh anda tidak mengeluarkan modal apapun.

    Kendala :

    Mungkin mencari pembeli dan pemeriksaan dokumen properti adalah hal yang paling sulit.

    Tips bisnis jual beli rumah atau properti :

    Untuk dokumen properti anda dapat bekerja sama dengan orang yang berkompeten dengan hal ini. Untuk pemasaran dapat anda sebarkan lewat kenalan anda, untuk itu anda perlu mempunyai daftar nama yang selalu di tambah atau dengan menggunakan Internet.

    Alangkah baiknya jika anda juga membuat kartu nama yang dapat kita bagikan pada saat menawarkan properti yang anda jual untuk membantu bila orang tersebut ingin menghubungi anda.

    Anda tertarik dan ingin memanfaatkan peluang usaha dan bisnis jual beli rumah atau properti ini?

    Jika Anda tertarik dengan bisnis properti, ada baiknya untuk mengenal selera konsumen. Tipe rumah dengan desain rumah minimalis sederhana yang sehat, asri dan nyaman, merupakan dambaan setiap keluarga muda dan energik dalam menempati rumah. Rumah minimalis modern dan rumah  minimalis sederhana  masih  menjadi pilihan  orang untuk membuat rumah minimalis. Sederhana dan elegan, itulah di antara alasan dari mereka. Mereka yang mementingkan hal-hal yang esensial dan fungsional memang layak memilih desain rumah minimalis.

    Tidak terlalu banyak akan tetapi memiliki mutu atau kualitas yang bagus dalam memilih desain rumah minimalis merupakan  alasan utama beberapa orang yang membangun rumah minimalis. Ruang-ruang rumah banyak dibiarkan lega sebagai bagian dari interior rumah minimalis, dan tak banyak barang sehingga mudah dibersihkan kalau kotor.

    Desain rumah minimalis saat ini juga telah hadir konsep baru dari desain minimalis yaitu modern minimalis. Desain ini menggunakan kolaborasi desain modern dan minimalis. Pendekatan banyak fungsi yang memiliki multiguna dan kontemporer lebih diutamakan pada desain. Unsur dekoratif desain rumah tidak lagi hanya mengandalkan bentuk-bentuk bidang seperti kubus dan balok, tetapi juga unsur-unsur lain seperti kerucut dan silinder. Wow.. makin bervariasi bukan ?

    Masyarakat urban juga mendapat alternatif pilihan konsep bangunan tropis yang dikemas dalam wujud minimalis. Konsep ini dinilai cocok diterapkan pada lahan yang terbatas di perkotaan. Dengan mengadopsi desain itu, seseorang bisa mendapatkan tempat tinggal yang nyaman, dan privasi terjaga.

    Apakah Anda seorang yang cocok punya rumah bergaya rumah minimalis? Cobalah cek di kamar tidur atau di ruang tamu Anda. Berapa banyak barang yang tidak esensial di situ? Jika Anda suka mengoleksi hiasan dan sovenir serta memajangnya di ruang tamu atau kamar, mungkin Anda tidak cocok dengan gaya rumah minimalis.

    Apalagi, kalau Anda seorang kolektor barang antik, jangan memaksakan diri membuat rumah berdesain minimalis. Nah, jika Anda suka meja makan yang selalu bersih dan hanya tersedia makanan di saat makan, Anda cocok punya rumah minimalis.

    Hal-hal itu bisa menjadi pijakan ketika hendak membeli rumah dari pengembang. Sebab, pasokan rumah kelas menengah-bawah dari para pengembang umumnya akhir-akhir ini bergaya minimalis.

    Akankah desain rumah  minimalis modern masih akan jadi tren dalam beberapa tahun mendatang?

    Desain rumah minimalis masih tetap diminati hingga saat ini dan juga dalam beberapa tahun mendatang. Bahkan, jika situasi krisis global pulih, desain minimalis akan semakin menjadi karya yang mahal dengan bahan material terbaik.

    Ada beberapa faktor yang membuat desain rumah modern minimalis tetap ngetren dalam beberapa tahun mendatang. Di antaranya, menurut Budi, arsitek dan desainer Indonesia masih akan berkiblat pada tren mode di luar negeri yang menyukai desain minimalis. Pendek kata, arsitek dalam negeri masih akan mengikuti tren di luar negeri dan belum bisa kreatif.

    Karya desain untuk interior hunian selalu berubah setiap tahun. Sebaliknya, arsitektur gedung yang membutuhkan rancangan yang lama, hanya dapat berubah setiap 10 tahun sekali.

    Desain rumah minimalis selalu menjadi pembicaraan hangat, dan banyak arsitek yang mempercantik pola tampilan modern minimalis pada residensial untuk menambah nilainya. Pada umumnya arsitek di Indonesia tidak kreatif dan hanya ikut-ikutan konsep di negara lain.

    Beberapa arsitek sudah memadukan desain minimalis modern dan ramah lingkungan. Konsep hunian ramah lingkungan saat ini juga menjadi pembicaraan hangat. Sayangnya, konsep ini baru hanya simbolik saja dan tidak benar-benar diterapkan dengan baik.

    Konsep desain rumah minimalis sederhana dengan menggunakan bahan material ramah lingkungan. Jika arsitek bisa ‘bermain’ dengan bagus pada bahan material ini, properti yang dihasilkan akan memiliki nilai jual yang tinggi.

    Tren desain interior dan arsitektural gedung saat ini sangat bergantung pada bahan material yang digunakan seperti keramik, kayu, cat, dan marmer. “Kreativitas dalam mendesain bisa muncul dengan memanfaatkan bahan bangunan. Jika melihat kecenderungan bahan material yang semakin bagus dan lengkap saat ini, semestinya arsitek bisa menciptakan gagasan baru dan unik. Jadi, meskipun memakai konsep desain rumah minimalis, hunian bisa terlihat besar dan mewah. (r2h) www.suaramedia.com