23 Rabiul-Akhir 1443  |  Minggu 28 Nopember 2021

basmalah.png

Kiat - kiat Mendirikan Kos Atau Kontrakan Yang Menguntungkan

Anda mahasiswa baru, atau karyawan baru yang kesulitan mencari tempat kos dan kontrakan? Inilah problem kebanyakan orang-orang pendatang, dimana mereka sangat membutuhkan tempat tinggal sementara yang nyaman tentunya. Kebanyakan mahasiswa yang tersebar diseluruh Indonesia adalah orang-orang yang berasal dari luar daerah, sehingga tempat tinggal sementara selama mereka mencari ilmu adalah sesuatu yang sangat urgen. Inilah peluang yang harus Anda tangkap. Walaupun Anda tidak punya tempat kos tetapi Anda bisa menjual jasa informasi tempat-tempat kost tersebut.

Usaha ini dapat dilakukan terutama ketika masa liburan semester akan berakhir. Sebab dimasa itu biasanya anak-anak kos lama atau mahasiswa baru akan mencari tempat tinggal sementara yang baru. Konsumen target Anda adalah mahasiswa dan juga siswa SMA pendatang. Para karyawan luar kota pun bisa menjadi konsumen Anda, baik telah atau belum berkeluarga.

Yang harus Anda lakukan adalah, menyediakan tempat informasi yang tidak perlu besar. Tapi jangan lupa untuk memilih lokasi disekitar perguruan tinggi, sekolah atau komplek pertokoan, perkantoranatau bahkan mal. Langkah-langkah selanjutnya adalah mengumpulkan data tentang tempat-tempat kos dan kontrakan disekitar atau di Koran harian. Jangan lupa untuk melengkapi data Anda dengan alamat, no telepon, fasilitas dan ukuran kamarnya.

Penetapan harga yang layak biasanya berkisar antara Rp 15.000,- sampai Rp 30.000,- per informasi. Dengan tarif itu konsumen dapat mencatat sebanyak mungkin alamat yang mereka perlukan selama tidak di foto kopi. Namun jika konsumen meminta Anda untuk mencarikan kos atu kontrakan sesuai dengan kualifikasi mereka, Anda sebaiknya mencarikannya sampai ketemu dengan tariff antara Rp 50.000,- sampai Rp 100.000,-.

Bisnis ini tidak akan terlalu ramai ketika awal tahun semester baru belum datang, sehingga pendapatan yang Anda peroleh tidak banyak. Kesuksesan usaha ini terletak pada kelengkapan informasi yang dapat Anda berikan. Selain itu tambahan pendapatan dapat Anda peroleh ketika Anda menjalin kerjasama dengan pemilik kost dengan kesepakatan, Anda memperoleh fee ketika mahasiswa, siswa atau karyawan jadi untuk kos atau kontrak ditempat pemiliknya. Tapi jangan lupa untuk selalu memperbaharui data Anda dan mencari informasi tempat kos dan kontrakan lain yang belum laku jika tempat yang dulu telah penuh.

buk/www.suaramedia.com

Salah Satu Bentuk Kos Atau Kontarakan (Suaramedia News)









Berikut Adalah Analisa Ekonomi sederhana yang perlu untuk anda simak:

Modal Awal

Sewa tempat                                                  Rp 3.000.000

Promosi                                                         Rp    150.000

Kertas dan buku untuk data                             Rp    150.000

Rak, meja dan kursi                                        Rp    300.000

Total                                                              Rp 3.600.000



Biaya Operasional

Telepon                                                          Rp    200.000

Gaji pegawai                                                   Rp    600.000

Total                                                              Rp    800.000



Omzet per bulan                                               Rp  2.000.000

Laba per bulan                                                  Rp  1.200.000

Masa kembali modal                                                   3 bulan