19 Safar 1443  |  Senin 27 September 2021

basmalah.png

Kampung Taman, Kampung Internet

http://static.liputan6.com/201002/100225binternet.jpg

Yogyakarta - Sekilas Kampung Taman, Patehan, Kecamatan Keraton, Yogyakarta tak beda dengan kampung-kampung lainnya. Tapi lihatlah gardu rondanya. Pos ronda di Kampung Taman dimanfaatkan warga sebagai tempat mengakses internet secara gratis. Secara bergantian warga boleh menggunakan dengan bebas sebuah komputer meja dan satu buah laptop.

Warga di kampung itu, memang tak ingin ketinggalan teknologi. Warga kampung bekerja sama untuk bisa mengakses internet. Bahkan warga sengaja menciptakan dan mengelola sebuah situs untuk mempromosikan kampung mereka.

Menurut Hery, Ketua RT setempat, Kamis (25/2), pengurus kampung berinisiatif menyediakan sarana itu. Hal ini dilakukan agar warga tidak ketinggalan informasi dengan bagian dunia lainnya.

Kini warga Kampung Taman sudah merasakan manfaat pusat informasi ini. Sejak memiliki situs sendiri dan terhubung secara intensif ke internet, warga kampung makin terkenal dan pesanan bisnis pun terus meningkat, terutama produk batik.

Dua komputer yang ada di pos ronda ternyata bukan satu-satunya pintu agar warga bisa masuk ke jaringan dunia maya. Tiap-tiap warga yang punya komputer boleh ikut berbagi jaringan dengan membayar iuran Rp 50 ribu per bulan. Sekarang sudah 15 rumah warga terhubung ke internet. Warga Kampung Taman memang layak menyebut kampung mereka kampung cyber.(IAN/Liputan6.com)