fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


29 Ramadhan 1442  |  Selasa 11 Mei 2021

Bisnis Popcorn, Peluang Usaha Menjanjikan Margin Laba Besar

http://1.bp.blogspot.com/_nre9tJMdwyE/TQmRk6gqnbI/AAAAAAAAFJU/POodXiLerCQ/s400/popcorn2.jpgPopcorn merupakan makanan ringan yang bisa dikonsumsi kapan saja dengan rasa yang manis dan gurih. Bahan-bahannya relatif murah dan hasil akhirnya banyak. Bisnis popcorn bisa menjadi sebuah bisnis yang menyenangkan dan menguntungkan. Bisnis tersebut menawarkan peluang untuk menikmati barang yang banyak dinikmati dan bereksperimen dengan bumbu yang berbeda-beda sementara bekerja dengan bahan yang telah mudah didapatkan yang memberikan margin keuntungan yang besar.

 

Peluang Bisnis Popcorn
Popcorn adalah makanan dari bahan dasar jagung. Popcorn adalah makanan ringan yang cukup digemari masyarakat, mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Peluang usaha popcorn cukup menjanjikan. Selain bahan baku mudah diperoleh, proses pembuatan popcorn juga sangat mudah dan cepat.

Langkah-langkah yang dapat Anda tempuh untuk membuka bisnis ini ialah sebagai berikut:

1. Tulis sebuah rencana bisnis untuk bisnis popcorn Anda. Gambarkan fokus tertentu bisnis popcorn Anda, seperti popcorn gourmet atau popcorn rendah lemak. Berikan gambaran umum tentang rasa berbeda yang akan Anda berikan, termasuk variasi gurih dan manis. Sertakan gambaran klien utama Anda termasuk apakah Anda akan mengemas popcorn Anda dan menjualnya secara grosir, apakah Anda akan membuka sebuah lokasi di bagian depan toko atau apakah Anda akan beroperasi di sebuah booth di pameran dan acara olahraga. Berikan informasi keuangan dengan rencana bisnis atau business plan Anda termasuk proyeksi aliran kas yang menjelaskan bagaimana Anda akan menangani fluktuasi musiman seperti penjualan yang menurun di musim dingin jika Anda memliki konsesi popcorn.


2. Beli peralatan yang dibutuhkan untuk bisnis popcorn Anda termasuk penggorengan khusus dengan kompor jika Anda akan membuat dan mengemas popcorn, atau sebuah alat pembuat popcorn yang portabel jika Anda ingin berjualan dalam acara-acara temporer. Dirikan fasilitas untuk kode kesehatan yang relevan. Popcorn tidak dianggap sebagai makanan berbahaya sehingga Anda tidak akan perlu menyimpan dalam kulkas kecuali jika Anda memberikan tambahan seperti mentega. Namun Anda akan membutuhkan lingkungan dengan sanitasi yang bersih seperti bak cuci piring aluminium untuk mencuci peralatan dan fasilitas cuci tangan yang bisa digunakan dengan mudah. Dapatkan ijin dari Depkes.


3. Beli inventaris untuk bisnis popcorn Anda dari supplier online atau penjual layanan makanan. Belilah popcorn kering, penyedap rasa, dan bahan pembungkus seperti kantong dan kaleng. Desain dan cetak label untuk popcorn Anda. Jika Anda menjual produk eceran yang dikemas atau grosir, masukkan daftar bahan-bahan, berat produk, informasi alergen dan zat gizi serta informasi kontak perusahaan Anda.


4. Pasarkan bisnis popcorn ke pelanggan potensial yang menikmati kudapan gurih dan manis. Desain sebuah tanda atraktif dan penuh warna jika Anda ingin menjual popcorn di toko eceran atau tempat yang disetujui. Jika Anda menjual popcorn secara grosir, jadwalkan demonstrasi produk di toko-toko yang membeawa merek Anda untuk meberikan sampel rasa pada pembeli potensial.


Lokasi yang cocok untuk usaha popcorn ini adalah tempat-tempat keramaian, seperti tempat rekreasi, mall, sekolah, kampus, pasar, arena bermain, bioskop, dan lain sebagainya. Jika kebetulan Anda saat ini berbisnis di lokasi seperti itu, usaha popcorn juga bisa menjadi usaha tambahan yang menguntungkan

 

Mesin Pembuat Popcorn

Anda tidak perlu repot dan bingung tentang bagaimana cara membuat popcorn. Kini tersedia mesin praktis pembuat popcorn.

Dengan mesin popcorn ini, Anda dengan mudah bisa membuat popcorn hanya beberapa menit saja. Proses pembuatannnya pun sangat mudah, yaitu hanya dengan menaruh jagung popcorn di mesin yang telah diberi mentega, lalu tunggu beberapa menit. Maka popcorn dengan rasa yang gurih lezat, siap Anda nikmati dan Anda jual.

fn/cp/bum/suaramedia.com