fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


29 Ramadhan 1442  |  Selasa 11 Mei 2021

Bisnis Menjelang Puasa Ramadhan dan Lebaran

Bisnis Menjelang Puasa Ramadhan dan LebaranBisa dikatakan bahwa bisnis ini merupakan bisnis musiman. Namun jika dilakukan dengan tekun, akan menghasilkan income (pendapatan) yang luar biasa. Persiapan harus dilakukan minimal 1 bulan sebelum sebelum datangnya bulan ramadhan.

Bisnis apa saja yang kira-kira menguntungkan di bulan-bulan tersebut ? Bisnis busana muslim adalah salah satunya. Bulan Ramadhan adalah bulan yang mana orang-orang lebih banyak melakukan ibadah seperti tarawih di masjid. Sehingga mereka lebih sering mengenakan busana muslim. Begitu juga dengan hari lebaran, biasanya mereka akan mengadakan silaturahmi ke tempat sanak saudara. Tentunya mereka ingin berpenampilan yang lain dari hari-hari biasanya. Busana muslim sering mereka pilih untuk acara-acara seperti itu.

Adapun busana muslim yang dapat disediakan adalah sarung, baju koko, mukena, baju muslimah, kerudung dan pakaian anak-anak muslim. Sediakan berbagai macam model, agar konsumen lebih leluasa untuk memilihnya.

Selain bisnis baju muslim, kita juga dapat berbisnis makanan kecil atau minuman untuk berbuka puasa. Orang lebih suka berbuka puasa dengan makanan-makanan kecil namun sedikit sekali dari mereka yang membuat sendiri, karena badan yang lemah selama berpuasa, sehingga mereka malas untuk membuatnya sendiri. Hal ini dapat kita jadikan peluang usaha untuk menyediakan makanan atau minuman pembuka puasa. Apalagi jika bertepatan dengan musim panas, maka bisnis minuman akan lebih menghasilkan. Mulai dari es kelapa muda, es buah, es campur es kolak dan masih banyak lagi.

Ada lagi bisnis di bulan ramadhan yang juga menguntungkan yakni bisnis kurma. Kurma adalah makanan khas di bulan Ramadhan dan bulan Haji. Penjualan kurma akan meningkat pada bulan-bulan ini. pada bulan Ramadhan kurma digunakan sebagai makanan pembuka puasa dan juga makanan untuk sahur sedangkan di bulan Haji, buah kurma digunakan sebagai buah tangan (oleh-oleh) dari negeri Arab. Sebagai pilihan sekarang juga sudah ada sari kurma. Bentuknya ada yang cair dan ada yang berupa selai. Lebih lembut dan lebih mudah dikonsumsi terutama bagi anak-anak dan orang tua.

Bisnis aneka makanan kering juga bisa dijadikan untuk menyambut lebaran. Karena pada saat lebaran banyak orang yang saling berkunjung, sehingga kita perlu menyiapkan makanan kecil sebagai hidangan. Aneka makanan kering menjadi pilihan karena lebih tahan lama.

Bisnis parcel juga bisa diandalkan pada bulan-bulan ini. Karena di bulan-bulan tersebut, orang lebih banyak mengirimkan hadiah sebagai tanda terima kasih dan untuk mempererat tali silaturahmi kepada rekan-rekannya atau saudara-saudaranya. Segera promosikan bisnis anda ini, sehingga orang-orang dapat mengetahui informasi sejak sekarang.

wirausaha-sukses.net