fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


26 Ramadhan 1442  |  Sabtu 08 Mei 2021

Prospek Cerah Bisnis Onderdil dan Aksesoris Motor

Fiqhislam.com - Sekarang ini penjualan kendaraan bermotor semakin meningkat. Tak ayal, banyak kendaraan bermotor yang ditemui di jalan raya. Otomatis, kondisi itu akan membuat permintaan onderdil atau suku cadang serta aksesoris motor meningkat.

Jika Anda adalah seorang pemuda penyuka otomotif dan berminat menjalankan bisnis yang bertalian dengan dunia otomotif, usaha onderdil dan aksesoris motor merupakan salah satu pertimbangan yang pantas Anda masukkan dalam daftar usaha potensial.

Langkah-langkah persiapan
1. Lokasi sudah pasti krusial dalam bisnis ini. Jangan abaikan lokasi usaha Anda karena menentukan perkembangan usaha Anda selanjutnya. Contoh lokasi yang baik ialah lokasi sekitar kampus, rumah-rumah kos, atau lokasi yang berada di pinggir jalan sehingga dekat dengan pelanggan potensial yang notabene adalah pengendara motor.
2. Modal juga merupakan aspek penting yang harus disiapkan demi kelancaran usaha.
3. Miliki karyawan. Untuk tahap awal, mungkin hanya satu atau dua karyawan saja yang dibutuhkan. Seiring kemajuan usaha, Anda bisa menambah jumlahnya.
4. Buatlah taksiran biaya operasional yang rinci. Masukkan biaya listrik, telepon, air, dan transportasi dalam perhitungan biaya operasional.
5. Miliki hubungan baik dengan seorang dealer atau distributor onderdil dan aksesoris yang bisa Anda percaya. Dengan memiliki seorang dealer yang memasok kebutuhan usaha Anda, Anda dapat membeli dengan harga grosir yang lebih murah dari harga eceran.
6. Perdalam pengetahuan Anda dalam bidang otomotif. Tiap hari muncul model dan seri kendaraan baru yang memiliki perbedaan dengan seri sebelumnya. Hal ini menuntut Anda untuk selalu belajar.

Langkah-langkah realisasi
1. Layani pelanggan dengan ramah. Jalin keakraban dengan pelanggan dan Anda akan menuai hasilnya kelak.
2. Berpikiran terbuka terhadap semua saran dan kritik. Sebagai pemula, banyak kelemahan yang ditemukan dalam usaha Anda. Tetapi tetaplah berusaha memperbaiki diri dengan mendengarkan saran dan kritik dari pelanggan atau mungkin karyawan Anda.
3. Kelola keuangan usaha onderdil dan aksesoris secara terpisah dari keuangan pribadi. Sering kita jumpai pengelolaan keuangan yang saling bercampur dan ini berakibat pada mengendurnya kontrol keuangan.

Langkah-langkah pemasaran
1. Berikan layanan gratis sehingga orang tertarik dengan usaha Anda yang terlihat ramai.
2. Sebarkan brosur di tempat-tempat strategis. Jika Anda menyasar ke segmen anak muda, sebarkan brosur di tempat-tempat khas seperti kampus, mall, sekolah, dan sebagainya.
3. Pasang iklan di media massa yang sering dibaca oleh segmen sasaran Anda. Untuk tahap awal, cobalah memasang iklan di media massa yang lingkupnya lebih kecil (regional).

Tantangan
1. Pemilihan lokasi yang kurang strategis.
2. Promosi yang tidak efektif dan setengah hati akan membuat usaha Anda jalan di tempat, bahkan stagnan dan tutup.
3. Persaingan antarusaha dapat menenggelamkan usaha yang baru Anda rintis. Memang tidak mudah tetapi pansa pasar untuk bisnis ini cukup menggiurkan.

ciputraentrepreneurship.com