pustaka.png
basmalah.png.orig


3 Dzulqa'dah 1442  |  Minggu 13 Juni 2021

Mencetak Laba dari Usaha Cetak Digital (Digital Printing)

Mencetak Laba dari Usaha Cetak Digital (Digital Printing)Fiqhislam.com - Bisnis jasa cetak digital alias digital printing tak pernah surut. Dari waktu ke waktu, jasa cetak digital ini semakin dibutuhkan. Lantaran peluangnya menjanjikan, pelaku usaha ini pun terus bermunculan.

Salah satunya adalah Awing Syaifudin yang mengusung brand Digital Lapan di Depok, Jawa Barat.

Berdiri tahun 2007 , ia resmi membuka tawaran kemitraan sejak dua tahun terakhir. Saat ini, Digital Lapan sudah memiliki tujuh gerai. Perinciannya, tiga milik sendiri dan sisanya milik mitra usaha. Mitra berlokasi di kawasan Jabodetabek, seperti Cibubur, Margonda, Cinere, dan Pancoran.

Dalam kerjasama kemitraan ini, Digital Lapan menawarkan dua paket investasi. Pertama, paket indoor senilai Rp 295 juta. Paket ini hanya melayani jasa cetak media promosi di dalam ruangan, seperti display booth, backdrop,dan  exhibition.

Dalam paket ini, mitra akan mendapat mesin cetak merek Seiko, alat laminating, dan material produksi. Estimasi omzet untuk ini sebesar Rp 200 juta per bulan.

Kedua, paket outdoor senilai Rp 395 juta. Selain di dalam ruangan, paket ini juga melayani jasa cetak media promosi di luar ruangan, seperti billboard atau neon box.

Mitra yang mengambil paket outdoor mendapatkan mesin cetak merek Epson, alat laminating, dan material produksi. Estimasi omzet paket ini mencapai Rp 300 juta per bulan. Omzet itu didapat dengan asumsi, dalam sehari mitra menangani order cetak 3.000 meter.

Ia menjanjikan, mitra yang mengambil paket pertama maupun kedua bisa mengantongi laba bersih 35%. Dengan laba sebesar itu, mitra bisa balik modal dalam waktu lima bulan sejak beroperasi.

Dalam kerjasama ini, mitra wajib membeli material produksi, seperti tinta dan bahan baku kertas ke kantor pusat. Digital Lapan menyediakan bahan baku kertas format ukuran besar untuk media promosi. Harganya mulai Rp 5.000-Rp 25.000 per meter. Mitra bisa menjual ke konsumen dengan harga mulai Rp 15.000 - Rp 150.000 per meter. "Banyak mitra mengambil paket outdoor, karena bisa terima banyak order,” ujarnya.

Selain mencetak brosur, undangan, atau kartu nama, Digital Lapan juga melayani percetakan billboard, banner, poster, spanduk, dan media promosi berukuran besar lainnya. [yy/kontan/foto pavza.com]

Digital Lapan
Jalan Margonda Raya No 299,  Depok, Jawa Barat
HP: 081211677889