fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


2 Syawal 1442  |  Jumat 14 Mei 2021

Bekerja Untuk Belajar

Bekerja Untuk Belajar Fenomena yang terjadi di masyarakat kita saat ini tujuan utama bekerja adalah untuk uang.Memang itu tidak salah karena dalam kehidupan ini setiap manusia mempunyai berbagai kebutuhan yang harus dipenuhi dan semua itu hanya dapat dibeli dengan menggunakan uang.Bekerja untuk uang tidak akan menjadikan kita pribadi yang kreatif justru sebaliknya akan membuat kita menjadi orang yang selalu bergantung atau istilahnya pasif.

Pribadi yang dalam pikirannya hanya bekerja untuk uang dia akan menganggap bahwa pekerjaannya sekarang adalah segala-galanya seolah-olah tidak ada pekerjaan lain yang lebih baik.Setiap pekerjaan yang dilakukan selalu diukur dengan uang,kalau tidak dibayar tidak mau bekerja lembur.

Mereka rela menghabiskan hampir sebagian waktunya untuk bekerja hanya demi uang yang lebih banyak yang akan dia dapatkan tanpa ingat bahwa diluar kita juga punya tanggung jawab terhadap keluarga yang tanggung jawab tersebut tidak dapat dinilai dengan uang.Keluarga yang kita tinggalkan untuk bekerja tidak hanya membutuhkan kesenangan tetapi juga butuh kebahagiaan.

Kesenangan dapat dipenuhi dengan materi cukup yang kita dapatkan dari hasil bekerja sedangkan kebahagiaan adalah keluarga membutuhkan kita ditengah-tengah mereka.Keluarga membutuhkan kita ditengah-tengah mereka untuk sharing,bercanda serta melakukan aktifitas-aktifitas lain bersama-sama kita.

JIka kita selalu menghabiskan waktu di tempat kerja hanya untuk uang yang lebih banyak yakinlah bahwa kita memang senang dengan uang yang kita dapatkan tetapi kita belum tentu bahagia.Bekerjalah jangan semata-mata untuk untuk uang tetapi juga untuk belajar.

Jika selama ini kita adalah seorang karyawan maka jadilah karyawan yang baik dan dapatkanlah ilmu sebanyak-banyaknya dari tempat kerja anda sekiranya ilmu tersebut dapat diaplikasikan diluar untuk menjadi pribadi kreatif dan mandiri.

Menjadi pribadi yang kreatif dan mandiri adalah menjadi seorang enterpreneur.Menjadi enterpreneur hari-hari kita akan selalu dipenuhi dengan kegiatan belajar dan praktek, kesalahan-kesalahan yang kita lakukan adalah kesalahan yang akan menuntun kita menuju jalan kebenaran yang kita cari. Setiap langkah kita akan selalu diikuti pelajaran-pelajaran baru yang menuntun kita menuju keadaan yang kita cita-citakan .

Kalau anda bekerja untuk belajar percayalah anda akan mendapatkan pelajaran-pelajaran yang akan menuntun anda kedepan, tetapi kalau anda bekerja untuk uang kemungkinan yang akan terjadi adalah jika dalam waktu tertentu uang belum juga anda dapatkan anda akan frustasi, kemudian jika uang anda peroleh dalam waktu singkat bisa-bisa anda akan jadi lupa diri pada tujuan utama anda dan bisa-bisa uang yang anda dapatkan malah menjerumuskan anda. (rifansofii.com)

 

Artikel Terkait

Bekerja untuk Uang atau Minat?