10 Jumadil-Awwal 1444  |  Minggu 04 Desember 2022

basmalah.png

Bersiap Menjadi Seorang Pemimpin

http://2.bp.blogspot.com/_ki6FAdk-9qU/S_3MfbsZc-I/AAAAAAAAAZ0/bHv7kP0KZOo/s1600/Pemimpin.jpgSebagian orang ditakdirkan menjadi seorang pemimpin. Setelah sekian lama berkecimpung dalam sebuah industri, tak heran apabila Anda menginginkan tanggung jawab lebih. Tapi, bagaimana membuktikan Anda siap mengambil kendali jika tidak memiliki pengalaman manajerial?

Jika Anda berniat pindah ke posisi manajemen di perusahaan saat ini, atau ingin mulai dari awal sebagai bos di sebuah perusahaan baru, berikut ini adalah cara terbaik untuk membuktikan bahwa sudah giliran Anda menjadi seorang pemimpin:


Pecahkan masalah
Seorang pemimpin hebat selalu inovatif, proaktif, dan memimpin dengan memberikan contoh pada anak buahnya. Cara terbaik untuk memperlihatkan bahwa Anda memiliki semua kualitas tersebut, adalah dengan menunjukkan dan memecahkan persoalan dalam divisi atau perusahaan Anda.

Jika ada cara untuk melakukan pekerjaan dengan lebih efisien, lakukan terlebih dulu. Kemudian, bawa solusi tersebut kepada manajer Anda. Ini merupakan cara yang pasti untuk masuk ke dalam peran kepemimpinan tanpa promosi. Pemimpin memimpin, sedangkan yang lain menunggu untuk diberi tahu apa yang harus dilakukan.


Amati pemimpin perusahaan sekarang
Ketika berlomba-lomba untuk mendapatkan peran kepemimpinan, lakukan sejumlah penelitian. Amati pemimpin perusahaan saat ini dan lihat kualitas apa yang mereka miliki. Kemudian lihat fungsi dan tanggung jawab pekerjaan Anda sendiri, dan temukan celah di mana Anda dapat menunjukkan kualitas-kualitas yang sama.

Jika melamar posisi tersebut ke sebuah perusahaan baru, teliti dulu pernyataan misi dan nilai-nilai perusahaan itu di situsnya. Lalu, tekankan keterampilan yang sesuai pada resume Anda.


Peran pemimpin
Pastikan Anda masuk dalam daftar promosi berikutnya, dengan mengambil peran kepemimpinan dalam posisi sekarang. Misalnya, ketika perusahaan membentuk satuan tugas atau tim proyek khusus, ajukan diri untuk memimpin kelompok tersebut. Dalam kapasitas ini, Anda dapat menunjukkan kompetensi kepemimpinan dan membangun keterampilan kepemimpinan.

Kemudian, tambahkan peran kepemimpinan atau manajemen proyek tersebut ke dalam resume Anda. Pastikan untuk menyoroti contoh bagaimana Anda membantu tim untuk mencapai tujuannya.


Gantikan atasan
Tawarkan diri untuk membantu menggantikan peran atasan saat ia sedang melakukan perjalanan atau liburan. Meski pun itu berarti lebih banyak pekerjaan, trik ini merupakan cara terbaik untuk menunjukkan kualitas kepemimpinan Anda kepada orang lain. (LI/OL-06/Yulia Permata Sari/mediaindonesia.com)