pustaka.png.orig
basmalah.png.orig


8 Dzulqa'dah 1442  |  Jumat 18 Juni 2021

Cepat Menyerah, Buang Peluang Sukses Di Depan Mata

http://2.bp.blogspot.com/_YDwij3TXJw0/SwdzUxmhotI/AAAAAAAAASk/BUSbBzzxyQs/s1600/pantang-menyerah.jpg

Semut Aja Bisa

Salah satu penyebab kegagalan yang paling sering dijumpai adalah kebiasaan menyerah ketika seseorang menghadapi kekalahan sementara. Seorang paman Darby terjangkit demam emas pada masa pertambangan emas besar-besaran di Amerika. Dia memutuskan pergi ke barat untuk menggali emas dan menjadi kaya. Dia memilih tanah galian dan mulai bekerja dengan sekop dan tembilang.

Setelah berbulan-bulan bekerja keras, Dia mulai menemukan bijih yang berkilauan. Dibutuhkan mesin untuk mengeluarkan biji ke permukaan tanah. Dengan diam diam, Dia, menutup tambang, dan kembali ke kampung halamannya di Williamsburg, Maryland. Dia mengumpulkan uang pinjaman untuk membeli mesin yang diperlukan, dan mengirimkannya ke lokasi pertambangan. Dia kembali ke pertambangan dengan mengajak keponakannya yang bernama Derby.

Segerbong biji yang pertama mulai digali dan dikapalkan ke pabrik pengolah.Hasilnya menunjukkan bahwa mereka memiliki salah satu tambang emas terkaya di Colorado. Beberapa gerbong lagi dari biji emas itu akan dapat melunasi hutang. Kemudian akan datang keuntungan yang besar.

Penggalian pun jalan terus. Harapan Darby dan pamannya pun makin tinggi. Kemudian, sesuatu terjadi. Urat biji emas lenyap begitu saja. Mereka berdua sudah menggali sampai ke ujung pelangi, tetapi biji emas tidak ada disana...Mereka menggali terus dan terus, dengan mati-matian berusaha keras untuk kembali menemukan urat biji emas itu. Namun, kerja keras mereka sia sia..

Dan, akhirnya mereka memutuskan untuk menyerah, dan menjual mesin kepada tukang rongsokan seharga beberapa ratus dolar dan naik kereta api pulang ke kampung halaman. Tukang rongsokan memanggil insinyur pertambangan untuk meninjau tambang emas dan membuat perhitungan. Insinyur memberitahukan bahwa proyek itu gagal karena pemiliknya tidak mengetahui "jalur patahan". Perhitungannya menunjukkan bahwa urat emas akan kembali ditemukan hanya sejauh tiga langkah dari tempat Derby menghentikan penggaliannya. Dan tepat disitulah emas ditemukan !!

Si tukang rongsokan mengeruk bijih emas bernilai jutaan dolar dari pertambangan tersebut karena dia cukup pintar untuk mencari nasehat dari seorang yang ahli sebelum menyerah.

Derby kehilangan banyak sekali harta karena berhenti menggali sejauh tiga langkah dari tempat emas terpendam. Bertahun-tahun setelah peristiwa itu, Derby memetik keuntungan dari pengalaman dalam pekerjaannya sebagai salesman asuransi jiwa. Dengan kata katanya sendiri, Derby mengatakan, "saya memang berhenti tiga langkah dari emas, namun saya tidak akan berhenti karena orang mengatakan 'tidak' ketika saya meminta mereka membeli asuransi"


Dalam bisnis, dan mengejar kekayaan, tidak ada kata "mustahil"...Simak kisah tentang Henry Ford dalam membangun kerajaan bisnisnya yang mendunia. Ketika Henry Ford memutuskan untuk memproduksi motor V-8 yang termashur, dia memilih untuk membuat sebuah mesin dengan kedelapan silindernya pada satu blok, dan memerintahkan para insinyur untuk membuat rancangan mesinnya. Rancangan itu dibuat diatas kertas, tetapi setiap insinyur berpendapat bahwa suatu hal yang mustahil untuk mencetak blok mesin delapan silinder dalam satu bentuk tunggal yang utuh.

Ford berkata, "Walaupun demikian, buat saja". Dan para insinyurnya membantah, " Tapi, ini mustahil dilakukan". "Teruskan saja, dan terus kerjakan sampai kalian berhasil, tidak peduli berapa waktu yang dibutuhkan" jawab Ford.

Para insinyur tidak punya pilihan lain yang dapat mereka lakukan jika masih ingin bekerja sebagai karyawan Ford. Setelah bekerja keras selama 6 bulan, para insinyur belum mendapatkan hasil apapun. Enam bulan berikutnya, para insinyur mencoba lagi. Berbagai cara dan alternatif mereka coba untuk merealisasikan perintah Henry Ford. Tetapi, semuanya kelihatannya tidak mungkin. "Mustahil !".

Pada akhir tahun itu, Ford memeriksa hasil pekerjaan insinyurnya. Mereka menyampaikan sekali lagi, bahwa keinginan Ford, mustahil untuk diwujudkan. "Teruskan saja. Saya menginginkannya, dan saya akan mendapatkannya." Jawab Ford kepada para insinyurnya.

Para insinyur pun melanjutkan pekerjaannya lagi, dan kemudian, seperti mendapat sentuhan mukjizat, rahasia bisa terungkap. Mereka berhasil menciptakan mesin V-8 yang diimpikan oleh Henry Ford !!

Mungkin kisah ini tidak diceritakan secara detail tepat sekali, namun inti dan substansinya benar bahwa Henry Ford sukses karena dia memahami dan menerapkan prinsip-prinsip sukses. Salah satu dari prinsip sukses itu adalah keinginan. Menyadari apa yang diinginkan. Bagaimana dengan Anda ? (fn/i2d/
suaramedia.com
)