fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


10 Ramadhan 1442  |  Kamis 22 April 2021

9 Cara Meningkatkan Energi

Tingkatkan energi Anda untuk mencapai hasil maksimal! Baru-baru ini, situs realsimple memaparkan 9 langkah sederhana untuk meningkatkan energi:

1. Cobalah Hal Baru
Melakukan sesuatu yang baru (seperti belajar bahasa asing atau terlibat dalam proyek baru di kantor/kampus) membuat aktivitas kimiawi dalam otak membebaskan horman dopamine. Hormon ini, selain meningkatkan rasa senang dan bisa mengurangi rasa sakit, juga bisa meningkatkan motivasi dalam diri Anda untuk melakukan sesuatu dengan lebih aktif.

2. Keliling Ruangan
Tubuh yang aktif akan mempelancar sirkulasi darah. Dan, sirkulasi darah yang baik akan menghasilkan energi maksimal yang Anda perlukan.

3. Bernapas yang Benar
Bernapaslah lebih dalam, lebih lambat, dan lebih teratur dengan tenang. Oksigen yang masuk ke sel tubuh Anda bisa memperlambat denyut jantung, menurunkan tekanan darah, serta meningkatkan sirkulasi. Akhirnya semua itu akan memberikan lebih banyak energi untuk Anda.

4. Olahraga Rutin
Olahraga rutin banyak tiga kali seminggu, dengan masing-masing latihan berdurasi 30 menit, bisa meningkatkan fungsi pembuluh darah dan vitalitas tubuh.

5. Makan Teratur
Makan 3x sehari (yang diselingi 2x snack) dapat menjaga kadar gula dalam darah Anda. Akibatnya, tubuh tidak mengalami pasang surut energi.

6. Lakukan Hal yang Menyenangkan
Contohnya: menonton film komedi dan menikmati alunan musik. Kegiatan-kegiatan yang menyenangkan akan mengaktifkan beberapa wilayah di otak Anda, membangun koneksi saraf baru, dan meningkatkan aliran oksigen ke jantung.

7. Minum Air Putih
Usahakan agar Anda minum air putih secara teratur sepanjang hari (minimal 2 liter). Sekadar tahu, tubuh manusia memerlukan air untuk mengangkut oksigen ke sel-sel tubuh.

8. Tenangkan Pikiran Anda
Memaksakan diri dan memusingkan banyak hal akan membuat Anda stres dan tidak bisa beraktivitas dengan maksimal. Istirahat dan tenangkan pikiran Anda dengan meditasi, yoga, atau kegiatan rohani. Setelah itu, Anda akan bisa berpikir lebih jernih dan siap berjuang lagi!

9. Pergi ke Luar Ruangan Sejenak
Anda bekerja di kantor? Setidaknya, sekali sehari dalam jam kerja Anda, langkahkan kaki ke luar gedung. Menghabiskan waktu di luar ruangan bisa mengurangi hormon stres dan mengurangi tekanan darah. Sinar matahari juga bisa meningkatkan hormon serotonin tubuh, yang bisa meningkatkan mood dan energi Anda. (
andriewongso.com)