16 Rajab 1444  |  Selasa 07 Februari 2023

basmalah.png

Ingin Kepuasan Kerja? Nikmati Dulu Hidup Anda

http://4.bp.blogspot.com/_x87_TB3E_OU/SjotviLtsUI/AAAAAAAAATs/XdwqxLXjGms/s200/%23artikelmanajemen-me1.bmp

Republika.co.id - Jika Anda merasa tak bahagia dalam hidup, maka kemungkinan besar Anda juga merasakan ketidakpuasan di tempat kerja. Demikian diungkap para peneliti dari pengamatan 223 studi yang dilakukan antara tahun 1967 dan 2008. Semua studi itu meneliti beberapa kombinasi dari kepuasan kerja dan kepuasan hidup, yang juga dikenal dengan kemapanan yang subjektif.

"Kami menggunakan studi-studi tersebut untuk mengetahui faktor-faktor apa saja dari dua poin tersebut agar kami lebih memahami hubungan sebab akibat antara kepuasan kerja dan hidup," ujar Nathan Bowling, seorang assisten Profesor dari Wright State University di Dayton, Ohio, AS.

"Jika orang merasa puas di tempat kerja, apakah berarti dia akan lebih bahagia dan puas dalam kehidupan secara keseluruhan? atau yang terjadi justru sebaliknya?" tutur Nathan.

Nathan dan tim peneliti menemukan, hubungan sebab akibat antara kemapanan secara subjektif sehingga memicu tingkat dari kepuasan kerja lebih kuat, dibandingkan kepuasan kerja yang memicu tingkat kemapanan subjektif.

"Hasilnya, jika seseorang merasa atau cenderung merasa bahagia dan puas dalam hidup secara umum, maka mereka cenderung lebih bahagia dan puas dalam pekerjaan," tuturnya.

Namun, sisi lain yang mungkin ditemukan, lanjut Nathan, adalah orang yagn tidak merasa puas dengan hidup secara umum dan orang yang mencari kebahagiaan melalui pekerjaan mereka, kemungkinan tidak akan memperoleh kepuasan kerja. "Atau, bisa juga mereka meningkatkan tingkat dari kepuasaan mereka sehinga terus menerus meraihnya," pungkas Nathan. (Red: ririn | Sumber: healthday)