pustaka.png
basmalah.png


8 Dzulqa'dah 1442  |  Jumat 18 Juni 2021

Rahasia Kebahagiaan di Tempat Kerja

http://1.bp.blogspot.com/_D-LZxhXlNXY/SYktluj7ZAI/AAAAAAAAI5E/2yT8AKydDH4/s400/office-humor.jpg

INILAH.COM - Jakarta, Sebuah studi mendapatkan rahasia kebahagiaan di tempat kerja. Analisis dilakukan pada 223 penelitian antara 1967 hingga 2008 menyangkut kepuasan kerja dan kepuasan hidup. "Kami menggunakan studi yang menilai faktor di dua titik itu, sehingga kami lebih bisa memahami hubungan kausal antara kepuasan kerja dan kepuasan hidup,"kata psikolog Nathan Bowling dari Wright State University, yang memimpin meta-analisis.

"Jika orang puas di tempat kerja, apakah ini berarti mereka akan lebih puas dan bahagia dalam hidup secara keseluruhan? Atau efek kausalnya ke arah sebaliknya?"

Bowling dan rekannya di Wright State, Kevin Eschleman dan Qiang Wang, mencari sub-dimensi dari kepuasan kerja, yang termasuk kepuasan kerja itu sendiri, pengawasan, rekan kerja, gaji dan promosi - dan menguji hubungan antara subyek melaporkan kebahagiaan diri atau " kesejahteraan subyektif," dan kepuasan kerja secara keseluruhan.

Para peneliti menemukan hubungan positif antara kepuasan kerja dan kepuasan hidup, menunjukkan bahwa keduanya berhubungan erat.

Review juga memberikan hasil yang menceritakan tentang hubungan kausal antara kedua bentuk kebahagiaan.

Hubungan kausal antara kesejahteraan subyektif dan tingkat kepuasan kerja ditemukan lebih kuat daripada hubungan antara kepuasan kerja dan kesejahteraan subyektif.

Dengan kata lain, orang-orang yang umumnya senang dan puas dalam hidup, lebih mungkin menjadi bahagia dan puas dalam pekerjaan mereka juga.

"Namun, orang-orang yang pada umumnya tidak puas dan mencari kebahagiaan melalui pekerjaan mereka, mungkin tidak menemukan kepuasan kerja," kata Bowling.[ito]