fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


1 Ramadhan 1442  |  Selasa 13 April 2021

Beban dan Tantangan Dalam Bekerja

Beban dan Tantangan Dalam BekerjaHidup ini terdiri dari rangkaian pilihan yang kita pilih untuk kita jalankan.  Tidak ada satupun orang yang bisa memastikan 100 persen, akibat dari suatu pilihan, sebelum pilihan itu dijalankan.  itu sebabnya, dalam melakukan pilihan tindakan, kita dianjurkan untuk berpikir positif.

Sebagai ilustrasi, misalnya anda diminta untuk melakukan tugas yang tidak sesuai dengan kemampuan anda.  Pilihannya, anda melakukan hal itu, atau anda mundur.  Apa akibatnya jika anda melakukan hal itu?  Apa akibatnya jika anda mundur?  Tentu saja bukan hanya ada satu akibat.  Akan ada banyak kemungkinan akibat, mulai akibat yang baik sampai akibat buruk untuk anda.

Salah satu filter pemandu anda memilih adalah kalimat tanya yang saya singkat sebagai AGUS.  Apa Gunanya Untuk Saya?

Jadi, dalam konteks pertanyaan anda, tanyakan pada diri anda sendiri, jika anda lakukan perintah atasan anda, Apa gunanya untuk anda?  Jawabannya banyak, misalnya anda keluar tenaga lebih banyak tanpa dibayar, pekerjaan itu tidak akan bisa anda selesaikan karena tidak sesuai dengan kemampuan anda, atau anda punya kesempatan untuk belajar kemampuan lain.

Sebaliknya, jika anda mundur, apa gunanya untuk anda?  Apakah anda akan dipecat, anda bisa dapatkan pekerjaan yang lebih cocok dengan kemampuan anda, atau alternatif lain?

Mbak Ocha.  Satu pesan saya.  Jangan lari dari tantangan.  Hadapi, karena itu akan membuat anda jadi lebih kuat.  Pelaut disebut tangguh karena kemampuannya melayari lautan penuh ombak dan badai.  Hanya pohon yang kuat lah yang mampu bertahan di bawah cekaman angin topan.

Wassalamu'alaykum wr.wb.

penulis : Zainal Abidin PHD
warnaislam.com