7 Rajab 1444  |  Minggu 29 Januari 2023

basmalah.png

Keteguhan Hati

Keteguhan HatiKeunggulan manusia itu tidak hanya dalam kecerdasan akal pikirannya, bukan hanya dalam kepandaian ucapannya, bukan hanya dalam kekuatan fisiknya, tetapi yang lebih utama adalah kekuatan keteguhan hatinya. Sebagaimana disampaikan oleh Calvin Coolidge, “Tidak ada satu pun di dunia ini yang dapat menggantikan ketekunan dan keteguhan hati. Itulah kunci sukses.” Dengan demikian, keteguhan hati sangat diperlukan dalam keseluruhan aspek kehidupan manusia, baik dalam kehidupan spiritualitas, maupun dalam kehidupan karier dan bisnis.

Keteguhan hati sederhananya adalah memiliki kemampuan untuk konsisten atau “istiqamah” pada petunjuk atau keyakinan yang bersumber dari suara hati nurani terdalam. Dengan kata lain, dapat selalu “inline” atau beredar dalam garis edar orbit kehidupan yang berpusat pada hati nurani, sehingga kuat dalam memperjuangkan suara hatinya. Tidak mudah menyerah dengan tantangan dan kesulitan yang dihadapinya.

Dalam dimensi spiritualitas, keteguhan hati dapat berarti memiliki keteguhan dalam keyakinan keimanan kepada Allah. Komitmen terhadap ajaran-ajaran-Nya, teguh dalam menerapkan prinsip-prinsip kehidupan berdasarkan kitab suci-Nya. Mereka yang memiliki keteguhan hati akan kuat dalam memperjuangkan keyakinan suara hati nuraninya. Dapat menjaga dan mengikuti keyakinan suara hatinya meskipun dihadapkan dalam berbagai situasi sulit sekalipun. Tetap berorientasi pada keyakinan suara hatinya dalam berbagai bidang kehidupan yang dijalaninya, tidak terkecuali dalam karier dan bisnis.

Sebuah pepatah bijak mengatakan “Selama memiliki keteguhan hati, besi batangan pun bisa digosok menjadi jarum“. Jelas bahwa kekuatan keteguhan hati begitu luar biasa dan mampu untuk mengatasi berbagai tantangan dan rintangan dalan kehidupan karier, bisnis dan lainnya. Karena kekuatan keteguhan hati adalah kekuatan yang lahir dari dalam diri sehingga melahirkan kekuatan yang begitu luar biasa.

“Orang sukses mulia adalah orang biasa, namun memiliki keteguhan hati yg luar biasa. Karena dalam Keteguhan hati, ada sikap konsistensi atau istiqomah, keuletan, kesabaran dan komitmen menerapkan nilai-nilai keyakinan iman, serta keberanian memperjuangkan keyakinan hati.”

Dengan keteguhan hati, seseorang akan berani menghadapi setiap keadaan yang dating, tidak pernah mudah  menyerah saat mengejar yang menjadi impian dan memiliki semangat juang terus-menerus tanpa henti.

Eko Jalu Santoso | ekojalusantoso.com

Sumber: Cuplikan Buku “Life Balance Ways: Jalan-Jalan Keseimbangan Untuk Hidup Lebih Bermakna” karya Eko Jalu Santoso