fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


1 Ramadhan 1442  |  Selasa 13 April 2021

Tujuh Kunci Penentu Kesan Pertama

http://2.bp.blogspot.com/_aSz_mkcGJgc/TJ4Zp_nexxI/AAAAAAAAADo/8YSqzDlZ6cE/s1600/percaya+diri+4.jpgAnda berpikir bagaimana penilaian orang terhadap sosok Anda di kali pertama? Menurut pakar komunikasi Nicholas Boothman, banyak orang berpikir dirinya komunikator yang baik, tapi tidak menyadari bahwa hal itu bertentangan dengan pendapat orang-orang.

Anda mungkin berpikir terlihat tertarik, terlibat, dan berada dalam kendali. Padahal, pada kenyataannya Anda tampak bosan, pasif, atau bahkan kasar. Nah, berikut ini adalah sejumlah cara untuk memastikan kesan pertama yang baik dan tak terlupakan:


Lambat dan mantap
Ketika Anda bertemu seseorang untuk kali pertama atau dalam kelompok, ubah gerakan Anda yang cepat dengan gerakan yang lebih lambat dan mantap, saran Nicholas Boothman, penulis buku 'Convince Them in 90 Seconds.' Dengan demikian, orang cenderung akan lebih menyadari keberadaan Anda. Sejumlah studi bahwa menunjukkan bahwa orang yang bergerak lambat dianggap lebih seksi dibandingkan mereka yang terburu-buru.

Busana tepat

Kenakan busana yang baik, maka orang akan menghadapi Anda dengan lebih serius, saran Boothman. Tapi, bukan berarti Anda harus merogoh kocek lebih dalam untuk membeli sepasang setelan mahal. Kenakan sesuatu yang membuat Anda merasa nyaman di kulit sendiri, bahkan ketika Anda sekadar pergi ke supermarket. Anda tidak pernah tahu bakal berpapasan dengan siapa di jalan.

Pastikan pula untuk menambahkan item yang eye catching. Misalnya, sepatu merah atau tas tangan bewarna terang. Satu sentuhan yang 'beda' bisa membuat Anda terlihat menonjol di tengah lingkungan yang seragam.


Terorganisasi
Menurut Jack A. Jones, Ph.D., profesor komunikasi di University of Illinois di Chicago, sejumlah studi menunjukkan bahwa orang-orang cenderung tidak memercayai mereka yang berantakan atau tampil tanpa persiapan, bahkan meski individu tersebut adalah orang yang benar-benar dapat dipercaya.

Jati diri

Jika Anda ingin tampil percaya diri dan kompeten, Anda harus dapat menyimpulkan siapa Anda dan apa yang Anda lakukan dalam waktu sekitar 30 detik.

Tetap simpel

Anda mungkin berpikir menggunakan kata-kata sulit dalam percakapan membuat Anda terlihat hebat. Tapi, penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang paling cerdas bahkan memilih frase yang sederhana. Boothman menyarankan penggunaan bahasa percakapan yang jelas, yang bahkan bisa dimengerti oleh anak usia 9 tahun.

Percaya diri

''Berpura-puralah bahwa Anda percaya diri, meski pun Anda gemetaran,'' kata psikolog Simon Rego, Ph.D., direktur pelatihan klinis di American Institute for Cognitive Therapy, New York. Dengan begitu, Anda bukan hanya akan mulai memercayai perilaku itu sendiri (meningkatkan kepercayaan diri dalam prosesnya). Tapi, orang lain juga akan memercayainya.

Data menunjukkan, kita jauh lebih mungkin memercayai orang yang percaya diri, bahkan ketika mereka tidak akurat.


Akhir sempurna
Kebanyakan orang takut mengakhiri percakapan hanya karena mereka tidak tahu bagaimana melakukannya, kata pakar bahasa tubuh Patti Wood. Pendekatan terbaik, kata Wood, adalah meringkas percakapan dengan cepat sehingga orang lain merasa telah memiliki percakapan berarti. Kemudian, jabat tangan mereka dan pergi.

mediaindonesia.com