fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


1 Syawal 1442  |  Kamis 13 Mei 2021

Wujudkan Resolusi 2011

http://4.bp.blogspot.com/_PYwK77c85fA/S__KTozcPWI/AAAAAAAAAH0/tp_QAvVv9f0/s1600/Empire_State_Building_Red_and_Green.jpgPada awal tahun, momen yang tepat untuk memenuhi rencana ideal Anda.

Tapi kebanyakan orang yang bergantung pada kemauan sendiri untuk mewujudkan resolusi tahun baru tidak bisa menjalankannya hanya dalam waktu kurang dari satu pekan. Begitu yang ditemukan dalam sebuah penelitian baru.

Profesor Richard Wiseman telah memonitor 2.000 orang selama dua pekan karena mereka mencoba untuk membuat perubahan sehat di tahun mendatang, seperti berhenti merokok atau minum di rumah.

Kebanyakan dari mereka yang mengandalkan hanya pada pengendalian diri menemukan kegagalan. Hanya 26 persen berhasil menyimpan untuk menggapai tujuan mereka, dibandingkan dengan 35 persen dari mereka yang mendapat dukungan.

Perempuan lebih mungkin untuk gagal, dengan tingkat keberhasilan keseluruhannya mencapai angka 30 persen, sedangkan 37 persen pria berhasil. Begitu berdasarkan studi untuk kampanye kesehatan Life Found 4 yang dikutip dari The Sun, Senin (3/1/2011).

Tapi Profesor Wiseman, penulis "59 Seconds: Think A Little, Change A Lot", menegaskan kita semua bisa mencapai tujuan dengan membuat beberapa perubahan cepat dengan cara sederhana. Berikut adalah 10 tipnya:

1. Susun satu resolusi

Banyak dari kita membuat kesalahan dengan mencoba mencapai terlalu banyak hal. Putuskan apa yang paling penting untuk Anda dan membuat hanya satu resolusi. Kemungkinan keberhasilan lebih besar ketika kita menyalurkan energi mengubah satu aspek perilaku pada suatu waktu.

2. Tinggalkan pengingat harian di sekitar rumah

Temukan cara mencatat pengingat dalam keseharian Anda. Buatlah jurnal, atau post it di lemari es, atau papan pengumuman dengan grafik atau gambar.

3. Mencoba sesuatu yang baru

Tetapkan tujuan baru, atau pendekatan tujuan lama dengan cara baru. Sebagai contoh, daripada mencoba untuk menurunkan jumlah satuan berat, bertekad untuk berolahraga lebih banyak.

4. Praktik langsung daripada hanya teori

Pikirkan tentang apa yang akan Anda lakukan, di mana, dan kapan. Rencana yang tidak jelas gagal.

Sebagai contoh, daripada mengatakan bahwa Anda akan berjalan dua hari setiap pekan, Anda lebih baik memutuskan akan berjalan pada Selasa dan Kamis setelah bekerja.

5. Pintar mencapai tujuan

Pastikan tujuan Anda Specific, Measurable, Achievable, Realistic and Time-based (SMART). Misalnya, bukan hanya mengatakan Anda ingin mencari pekerjaan baru, namun Anda harus datang dengan tujuan yang bisa tercapai di setiap pekan. Seperti menulis ulang CV Anda kemudian melamar pekerjaan setiap pekan.

Langkah-langkah kecil secara perlahan tapi pasti membawa Anda ke mana pun ingin berada, menuliskannya, dan berhasil mencapai rencana.

6. Motivasi diri dengan berfokus pada hal-hal positif

Daripada memukuli diri sendiri karena alami kegagalan, pikirkan berapa banyak kehidupan yang lebih baik untuk Anda, dan orang di sekitar Anda, ketika Anda mencapai tujuan.

Jika Anda ingin berhenti merokok, buatlah daftar manfaat dan meletakkannya di suatu tempat di mana Anda akan melihatnya setiap hari. Atau jika Anda ingin memotivasi diri bisa pergi ke gym, dan memasang foto seorang publik figur yang Anda kagumi.

7. Tunjukkan resolusi Anda kepada orang lain

Banyak dari kita lebih memilih untuk menjaga resolusi tahun baru kepada banyak orang dan menyimpannya untuk diri sendiri. Sayangnya, ini membuat semuanya terlalu mudah untuk dilupakan. Sebaliknya, go public merupakan langkah yang paling pas.

Tuliskan resolusi Anda pada selembar kertas besar, menandatanganinya, dan menempatkannya di suatu tempat yang menonjol di rumah Anda. Beritahu teman, keluarga, rekan kerja, dan meminta mereka untuk mendukung Anda.

Sebagai contoh, jika Anda ingin menurunkan berat badan, meminta rekan-rekan untuk tidak menawarkan Anda biskuit dengan teh. Atau jika Anda ingin memiliki tubuh langsing, minta lah seorang teman untuk pergi ke gym dengan Anda.

8. Gigih mencapai resolusi

Kebiasaan baru membutuhkan waktu untuk belajar, dan sesekali Anda akan tergelincir dan kembali kepada kebiasaan lama Anda.

Terkadang sebagian besar dari kita menyerah pada godaan, apakah itu kue krim atau es krim. Bahkan jika Anda memutuskan untuk pergi ke gym, mungkin ada hari-hari ketika Anda tidak punya waktu.

Jika kondisi itu tengah dihadapi, ingat lah bahwa semua orang bisa mengacaukan resolusi Anda dari waktu ke waktu, dan lanjutkan kembali niat Anda. Jangan menyalahkan diri sendiri atau menyerah karena godaan.

9. Pasangkan foto untuk membuat Anda sadar

Visualisasikan diri Anda melakukan apapun yang Anda perlu lakukan untuk mencapai resolusi. Berfokus pada citra ini akan membantu Anda percaya pada kemampuan untuk bisa mencapai kesuksesan.

10. Berpikirlah positif

Anda akan mendapatkan hasil yang lebih baik dengan memikirkan hal-hal baik yang akan datang dari gaya hidup baru daripada aspek negatif dari kebiasaan lama Anda.

 

Chaerunnisa - Okezone