fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


29 Ramadhan 1442  |  Selasa 11 Mei 2021

Membangun Antusiasme Menuju Sukses

http://catatanraufmendunia.files.wordpress.com/2009/05/enthusiasm.jpg?w=255&h=300Enthusiasm is the inspiration of everything great. Without it no man is to be feared, and with it none despised. (Christian Nestell Bovee)

Pernah melihat orang yang mempunyai antusiasme yang sangat besar?atau pernah merasakan seseorang yang begitu bersemangat dalam menjalani hidup?semangat dan antusiasme menjadi hal yang mempunyai kaitan erat satu sama lain.

Saya lebih suka menyebut antusiasme dibandingkan dengan semangat karena dengan mengucapkan kata antusiasme, yang terbersit didalam diri saya adalah tindakan yang meledak-ledak, teriakan yang sangat keras, fikiran-fikiran positif, timbulnya keberanian yang begitu besar, tidak takut untuk menemui kegagalan, sangat aktif, dan begitu super semangat dalam menjalani hidup sehari-hari.

Antusiasme menurut saya adalah sebuah kunci menuju kualitas hidup yang sukses. Tanpa antusiasme tidak mungkin kita bisa meraih keberhasilan. Karena keberhasilan dan kesuksesan memerlukan energy super untuk mendapatkannya, sehingga antusiasme adalah hal wajib yang harus dimiliki oleh orang-orang sukses. Antusiasme yang ada didalam diri kita itu bukan saja menjadi hal yang bermanfaat bagi kita, tetapi juga bermanfaat bagi orang lain dikarenakan antusiame itu menular. Antusiasme menularkan hal-hal positif kepada orang lain.

Apabila kita menjadi seorang pembicara, apakah audiens akan mendengarkan pembicara yang begitu lesu dalam menyampaikan topik pembicaraannya? Apabila kita seorang pemimpin disebuah organisasi, apakah mungkin anggota yang kiita pimpin akan bersemangat dalam bekerja apabila kita begitu lemah, lesu, lemes, dan tidak ada gairah untuk memimpin organiasi tersebut? Apakah mungkin seorang sales dapat menjual produknya dengan jumlah yang sangat banyak kepada para calon pembeli apabila sales tersebut tidak mempunyai antusiasme dalm menjual produknya? Sudah tentu jawabnnya adalah tidak.

Lalu bagaimana membangun antusiasme dalam diri kita? Saya menyimpulkan beberapa cara agar mampu menumbuhkan antusiasme tersebut, yaitu:

1. Tanamkan dan yakinkan dalam dirimu bahwa antusiasme itu sangat penting dan bermanfaat

2. Pergunakan kata-kata, video, ataupun tokokh-tokoh yang bisa memotivasi sehingga mampu memompa antusiasme kamu

3. Pergunakan kata-kata yang positif dan mampu membangkitkan antusiasme seperti, “yes,saya bisa!!”, atau walaubagimanapun saya adalah pribadi yang sangat bersemangat dan berantusias, super dahsyat!!

4. Berinterkasilah dengan orang-orang yang juga mempunyai antusiasme yang tinggi, seperti yang saya katakan tadi bahwa antusiasme itu menular.

Itu adalah beberapa hal yang saya rasa dapat membangun antusiasme anda semua.

Ingat, antusiasme adalah kunci dalam meraih keberhasilan dan kesuksesan hidup. Karena orang yang sukses adalah orang yang senantiasa mempunyai antusiasme yang tinggii. Mari tumbuhkan antusiasme positif dalam diri kita semua.

catatanraufmendunia.wordpress.com