16 Rajab 1444  |  Selasa 07 Februari 2023

basmalah.png

Pura-Pura Itu Sesuatu Yang Perlu

http://2.bp.blogspot.com/_Z6zWRdUwMuQ/S0jgv8PwqiI/AAAAAAAABZk/5ZTFOoxec-c/s400/cat_lion.jpgSebagian dari kita sedang berlari kencang demi menggapai resolusi dan cita-cita di tahun ini. Tetapi sebagian yang lainnya belum menentukan arah atau bahkan tidak tahu sama sekali akan lari kemana. Semoga kita semua termasuk orang-orang yang sudah menentukan arah, dan dalam kecepatan berlari, atau sedang menambah kecepatan untuk mengejar apa yang yang menjadi impian kita.

Mengapa impian? Karena impian kita semua tiada lain selain menjadi dan tetap menjadi orang baik. Bukankah demikian? “bahwa ilmu yang tidak pernah menua adalah kebaikan”. Apa maksudnya? Maksudnya adalah bahwa kebaikan selama ini sudah ada dan akan selalu ada untuk kita jabat erat-erat, sementara kita berproses, bertumbuh dan berkembang, ke arah kebaikan tentunya.

Apa yang anda pikirkan jika anda mendengar sebuah nasihat seperti ini?
“Berpura-puralah seolah-olah sudah menjadi orang baik”

Bukankah pura-pura itu menipu ?
Pada kalimat tersebut mengandung pesan kuat, bahwa pribadi ini dengan rendah hati, menyadarai bahwa dirinya belum sampai pada target yang baik. Dan mohon dibedakan dengan kalimat “pura-pura baik” yang memiliki makna sifat negatif karena mengandung kepalsuan.

Jadi intinya jika kita belum menjadi apa yang kita inginkan (yang baik tentunya), maka berlakulah seolah-olah sudah menjadi atau akan menjadi pribadi yang kita inginkan tersebut. Apabila kita konsisten pura-pura seolah-olah sudah menjadi, lama-lama kita kita akan menjadi terbiasa. Dan tanpa kita sadari, kita sudah menjadi pribadi yang kita inginkan tersebut.

Pura-pura adalah cara untuk membangun
kualitas pribadi yang lebih dewasa
yang lebih tinggi kelasnya.
Karena orang-orang yang berada pada kelas dibawah,
tidak memiliki kualitas-kualitas untuk ditampilkan
pada pergaulan kelas diatasnya.

Berpura-pura tidak negatif,
Karena berpura-pura adalah cara untuk membayar dimuka
sesuatu kedewasaan yang kita belum miliki.

Berpura-pura untuk tidak takut, tidak nervous
tampil di lingkungan yang lebih senior,
bukan sebuah dosa, bukan sebuah penipuan
tetapi upaya penyelamatan diri,
sehingga kita bisa tampil pada kedewasaan yang belum kita miliki.

salamsuper.com