30 Rabiul-Akhir 1443  |  Minggu 05 Desember 2021

basmalah.png

Tertekan Atau Tertantang ?

Tertekan Atau Tertantang ?Dalam kehidupan kita ini pasti kita akan menghadapi masalah ataupun tantangan yang menghalang dalam kehidupan kita. Bagaimana kita berespon terhadap masalah dan tantangan itulah yang akan menentukan sukses dan gagalnya kita. Apakah respon Anda Tertekan Atau Tertantang?

Biasanya setiap orang selalu memilih respon antara tertekan atau tertantang saat menghadapi masalah maupun tantangan. Seorang yang pasti akan gagal adalah orang yang selalu saat masalah maupun tantangan datang akan menjadi tertekan.

Akibat dari tertekan ini, maka potensi yang seharusnya bisa kita keluarkan akan menjadi semakin kecil. Makin lama kita akan menjadi semakin lemah, tidak percaya diri, akhirnya kita enggan untuk melakukan apapun juga.

{mooblock=Rahasia Optimalisasi Kesuksesan}

Buku ini dikarang oleh salah satu motivator dunia yaitu Anthony Robbins. Di dalam bukunya, ada hal mendasar yang jika kita aplikasikan akan membuat kesuksesan kita menjadi semakin berkembang, atau bisa jadi membuat diri kita menjadi semakin gagal.

Anda penasaran dengan hal ini?

Mari kita perhatikan diagram di bawah ini.

Tertekan Atau Tertantang ?

 

Diagram di atas menunjukkan pola bagaimana membuat setiap kita bisa menjadi lebih sukses atau gagal. Mari kita mulai terlebih dahulu bagaimana pola di atas dapat membuat kita menjadi lebih sukses. Dimulai dari potensi. Misalnya kita memiliki potensi bisa menulis. Nah, kalau kita mengambil action untuk bertindak dengan mulai membuat sebuah tulisan dan ternyata berhasil membuat sebuah karya tulisan (result) maka akhirnya diri kita akan semakin percaya diri (belief meningkat). Akhirnya kita akan merasakan semakin yakin dengan potensi yang kita miliki.

Hal ini bisa juga terjadi sebaliknya. Misalnya kita memiliki potensi untuk menulis. Nah, ternyata kita tidak pernah mengambil tindakan (Action = 0), akhirnya kita tidak menghasilkan apa – apa (result = 0) sehingga lama – kelamaan akan muncul keyakinan (belief) kalau memang kita tidak memiliki bakat untuk menulis. Akhirnya yang seharusnya kita bisa menjadi penulis yang potensial, lama – kelamaan potensi ini akan terkubur.

Saya sangat percaya setiap kita pasti memiliki sebuah potensi. Hanya saja, hal yang akan membuat kita akan semakin yakin dengan potensi yang kita miliki adalah saat kita memulai dengan bertindak. Sudahkah saat ini mengetahui apa yang menjadi potensi Anda? Sudahkah mengambil tindakan yang merupakan rahasia optimalisasi kesuksesan?

{/mooblock}

Kebalikannya seorang pemenang akan memiliki respon yang berbeda. Setiap masalah ataupun tantangan yang dihadapinya akan menjadikan dirinya sebagai tantangan untuk bergerak lebih maju. Alhasil, potensi – potensi yang belum dibangkitkan sebelumnya akan muncul. Dirinya pun akan menjadi semakin berdaya. Keyakinan dan kemampuan inilah yang akhirnya akan meningkatkan potensi dirinya hingga akhirnya masalah dan tantangan ini akan bisa diatasi.

Jadi, apa keputusan dan respon Anda saat menghadapi masalah dalam kehidupan ini? Apakah Anda memilih untuk Tertekan Atau Tertantang? Pilihannya ada di tangan Anda.

 

adrianluis.com

foto adrianluis.com