16 Rabiul-Awal 1443  |  Sabtu 23 Oktober 2021

basmalah.png

Agar Kebahagiaan Berujung Kesuksesan

Agar Kebahagiaan Berujung KesuksesanPengalaman membuktikan bahwa kesuksesan tidak selalu dibarengi kebahagiaan. Menurut Shawn Achor, penulis buku The Happiness Advantage, kebahagiaan bukan sebuah misteri. Untuk meraih kebahagiaan itu Anda harus melatih otak untuk berpikir positif seperti melatih gerak motorik tubuh lainnya.

 

Kita tidak hanya membutuhkan bekerja untuk bahagia, tapi kita butuh bekerja dalam keadaan bahagia. Agar kebahagian itu berujung pada kesuksesan, ini lima tips yang dibagikan Shawan untuk Anda.

 

1. Tulislah tiga hal baru.

Hal baru yang datang tiap hari perlu disyukuri. Coba tuliskanlah hal baru itu dalam sebuah dokumen di komputer atau dalam buku harian online. Penelitian menunjukkan mereka yang menuliskan hal-hal baru itu mampu meningkatkan rasa optimis dalam enam bulan kemudian. Pengubahan tentunya mendekati kesuksesan dalam hidup.

 

2. Sempatkanlah untuk menulis.

Anda dianjurkan untuk menulis dua menit sehari tentang satu pengalaman positif dalam sehari. Ini adalah sebuah strategi untuk membantu transformasi dari seorang yang berpikir berdasarkan tugas menjadi seorang yang berpikir berdasarkan pemahaman. Metode ini meningkatkan kebahagiaan bekerja.

 

3. Latihan olahraga.

Dalam sehari Anda dianjurkan berlatih 10 menit. Berolahraga akan membuat otak mempercayai kekuatan tubuh, sehingga mampu mencapai kesuksesan sepanjang hari.

 

4. Meditasi.

Tak usah lama-lama. Cukup jalani selama dua menit. Fokuslah pada pernapasan. Meditasi membantu mengurangi efek negatif dari menumpuknya kerjaan.

 

Penelitian menunjukkan bahwa aneka kerjaan bisa dikerjakan lebih cepat jika Anda mengerjakannya dalam satu waktu. Meditasi membantu mengurangi stres dan meningkatkan kebahagiaan.

 

5. Tulislah surat elektronik.

Terutama tulisan yang menyemangati tim kerja Anda. Surat semangat ini bisa berisi ucapan syukur atau doa untuk pekerjaan hari ini. Surat sederhana ini bisa meningkatkan perasaan dukungan sosial yang berujung pada kebahagiaan.

tempointeraktif.com