18 Safar 1443  |  Minggu 26 September 2021

basmalah.png

5 Cara Atasi Rasa Takut

5 Cara Atasi Rasa Takut Fiqhislam.com - Wajar jika Anda pernah merasa takut. Meski rasa itu tidak menyenangkan, rasa takut tidak selalu berarti malapetaka atau kesuraman. Berikut beberapa tip untuk melawan dan mengatasi rasa takut agar menjadi hal yang positif:

1. Merangkul tantangan

“Jangan biarkan rasa takut mengalahkan Anda. Lihat rasa takut sebagai lawan dan jadikan situasi yang kompetitif. Bagaimana bereaksi terhadap rasa takut, Andalah yang sepenuhnya bertanggung jawab. Gunakan hal itu sebagai kesempatan untuk bicara pada diri sendiri secara positif dan setiap kali merasa takut, ingatkan diri bahwa Anda bisa melakukannya.

Usahakan untuk menggunakan kata-kata seperti “saya tenang”, “saya mampu”, “saya kuat, “saya bisa mengatasi tantangan di depan sana”, dan perhatikan bahwa rasa takut itu kemudian akan berlari menjauh. Cobalah dan Anda akan kagum karenanya.

2. Rasakan adrenalin itu

Ketika merasa takut, apa yang sebenarnya kita rasakan adalah adrenalin yang berloncatan di sekitar tubuh. Ini adalah respons tubuh yang "berusaha terbang" melawan situasi yang kita khawatirkan.

Dengan adrenalin dalam sistem Anda, Anda akan menjadi lebih tajam, lebih kuat, dan lebih cerdas daripada yang Anda bayangkan. Karena itu jangan biarkan rasa takut membuat Anda pergi. Jika bisa mengontrolnya dengan melakukan teknik bernapas sederhana yang bisa Anda lakukan,  Anda akan memiliki seluruh dunia dalam genggaman tangan.

3. Takut sama dengan energi, kreatiflah

Coba untuk mengingat bahwa takut hanyalah sebuah perasaan, dan perasaan adalah energi dalam tubuh yang bisa diubah. Usahakan untuk menghubungkan hal itu dengan sesuatu yang positif seperti sebuah tugas yang harus diselesaikan, atau suatu proyek baru yang belum Anda mulai.

Dengan melakukan hal tersebut, Anda sedang membuat keputusan mengenai bagaimana Anda ingin menggunakan energi tersebut dan akan dengan sangat mudah mengubah sesuatu yang menakutkan menjadi sesuatu yang sangat luar biasa.

4. Kenali diri sendiri

“Apa yang membuat Anda takut? Jika Anda merasa takut, gunakan itu sebagai sebuah alasan untuk mengenal diri Anda sendiri dengan lebih baik. Tanyakan pada diri sendiri, apakah yang membuat Anda takut dan apakah ketakutan itu rasional atau tidak. Tanyakan pada diri sendiri, dari mana rasa takut itu datang. Duduk dan pejamkan mata. Perhatikan di mana rasa takut itu Anda rasakan pada tubuh Anda. Satu latihan yang bisa Anda lakukan itu adalah dengan melihatnya sebagai warna dan bentuk. Bayangkan Anda mengubahnya atau melepaskannya dari tubuh. Dan Anda akan merasa lebih baik setelah melepaskannya.

5. Atasi dan menjadi lebih kuat

Rasa takut hanya akan menghentikan Anda jika Anda mengizinkannya. Jika memutuskan untuk “merasakan rasa takut itu dan tetap melakukannya”, Anda tidak hanya mencapai sesuatu yang Anda rencanakan dalam hidup, tapi menyadari bahwa Anda bertanggung jawab atas pikiran dan emosi Anda. Sekali kita mencapai kesadaran ini, kita tak bisa dihentikan. Jadi ingatlah, rasa takut adalah teman. Peganglah ia dan melompatlah. Anda tak akan pernah menyesalinya.

tempointeraktif.com