7 Rajab 1444  |  Minggu 29 Januari 2023

basmalah.png

Cara Bikin EQ Kamu Tinggi

Cara Bikin EQ Kamu Tinggi

Fiqhislam.com - Kecerdasan emosional (EQ) adalah salah satu indikator kesuksesan yang penting dalam pertemanan dan bisnis. Konsultan karier Talent Smart menyebut bahwa 90% pekerja yang punya kinerja tinggi juga punya nilai EQ yang tinggi.

Hal ini pun berlaku sebaliknya. Orang yang memiliki tingkat kecerdasan emosional yang rendah juga biasanya memiliki hubungan yang kurang baik dengan orang di sekitarnya.

Meskipun tingkat kecerdasan emosional berbeda-beda pada setiap orang, kamu tetap bisa melatih diri sendiri agar bisa meningkatkan kecerdasan emosionalmu. Berikut ini adalah beberapa di antaranya, mengutip dari Forbes.

1. KELOLA EMOSI NEGATIF

Saat kamu marah, tidakkah kamu merasa bahwa keputusan yang kamu ambil terkesan terburu-buru dan sering berakhir dengan keputusan yang salah? Hal ini menunjukkan bahwa emosi yang tak terkontrol cuma akan bikin kamu mengambil keputusan kurang bijak dalam menyelesaikan suatu masalah.

Belajarlah mengelola emosi karena dengan begitu kamu memberikan waktu untuk dirimu sendiri bersikap tenang dan melihat masalah dari berbagai sudut pandang. Dari sini, barulah kamu bisa menyelesaikan dan mengambil keputusan dengan baik.

2. HATI-HATI DENGAN PERKATAANMU

Memperhatikan perkataan dan tindakan lawan bicara bisa membuatmu lebih memahami perasaan mereka. Kamu bisa melatih diri dengan memperhatikan gerak gerik dan memahami perasaan lawan bicaramu.

Berempati tidak mengharuskan kamu menoleransi tindakan yang salah, tapi tindakan ini bisa membantu kamu memahami alasan orang tersebut melakukan tindakan itu.

4. KETAHUI HAL YANG MEMBUATMU MERASA STRES

Kamu tentu punya beberapa hal atau situasi yang membuatmu gampang merasa tertekan dan stres. Dengan mengetahui penyebab stresmu, kamu bisa berusaha meminimalisir hal ini dengan menghindari atau mengatur penyebab stres tersebut.

Contohnya, kalau kamu gampang merasa stres saat dikejar deadline, kamu bisa menyiasatinya dengan mengerjakan tugas-tugasmu jauh sebelum deadline.

5. BELAJAR DARI MASALAH YANG DIHADAPI

Setiap orang punya porsi masalahnya masing-masing. Masalah yang dianggap sepele bagi satu orang bisa jadi merupakan masalah besar bagi orang lain. Bagaimana kamu menghadapi suatu masalah akan menjadi penentu kesuksesanmu.

Saat menghadapi suatu masalah, cobalah bertanya pada diri sendiri tentang hal yang bisa kamu pelajari dari masalah tersebut. Dengan melakukan refleksi, maka kamu akan mampu mengukur kapasitas diri sendiri dalam menghadapi masalah tersebut dan mencegah hal yang sama terulang kembali. [yy/sindonews]

Andin Danaryati
Kontributor GenSINDO, Politeknik Negeri Jakarta
Instagram: @andindan_