3 Rabiul-Awwal 1444  |  Kamis 29 September 2022

basmalah.png

Inilah 2 Kekuatan Utama Yang Mempengaruhi Hidup Anda

Inilah 2 Kekuatan Utama Yang Mempengaruhi Hidup AndaFiqhislam.com - Dua kekuatan dalam diri anda inilah yang membuat anda seperti sekarang, dua kekuatan dalam diri anda ini pulalah yang menentukan nasib anda ke depannya.

Sebab 2 kekuatan inilah yang mempengaruhi kita mengambil keputusan-keputusan dalam hidup kita. Dua Kekuatan ini adalah daya (kekuatan) yang bisa membangkitkan atau menjatuhkan kita.

Apa kedua kekuatan ini?

Yakni, KENIKMATAN dan KEPEDIHAN. Dengan dua kekutan inilah kita mengambil keputusan yang menentukan seperti apa kita jadinya nanti. Apa motivasi kita melakukan sesuatu yang ingin kita lakukan karena ingin menghindarkan kepedihan yang kita rasakan, dan/atau ingin mendapatkan kenikmatan.

Anda pernah membaca buku motivasi best seller nasional The Power of Kepepet? Itulah gambaran nyata dari motivasi akan menghindari KEPEDIHAN. Dan gambaran-gambaran keindahan surga yang diterangkan oleh para pembimbing agama adalah bentuk motivasi dari keinginan untuk meraih KENIKMATAN.

Keputusan apapun yang kita ambil dalam kehidupan ini, hanya dimotivasi oleh salah satu atau kedua hal ini. Kita mengasosiasikan KEPEDIHAN jika kita tak melakukan sesuatu, dan mengasosiasikan KENIKMATAN dengan melakukan sesuatu itu.

Alasan mengapa banyak orang yang tidak bisa lepas dari kebiasaan merokok, adalah karena asosiasi-asosiasi yang mereka berikan pada tindakan merokok itu. Mereka mengasosiasikan KEPEDIHAN dengan tidak merokok, dan mengasosiasikan KENIKMATAN dalam rokok itu.

Sehingga kata kuncinya di sini adalah asosiasi yang anda berikan pada segala sesuatu. Jika anda ingin menabung, namun tidak pernah berhasil. Kemungkinan besar asosiasi anda pada tindakan menabung adalah KEPEDIHAN jika anda menabung, dan KENIKMATAN menghabiskan uang begitu saja. Maka yang perlu anda lakukan hanya mengasosiasikan apa yang anda ingin dan seharusnya lakukan dengan KENIKMATAN, dan apa yang tidak anda inginkan dengan KEPEDIHAN. Semakin besar asosiasi anda, maka semakin besar motivasi anda.

Mungkin ada yang bertanya, Bagaimana mengasosiasikan itu? Dalam hal menabung, pikirkan sebanyak-banyaknya hal-hal baik yang anda dapatkan jika anda menabung, dan pikirkan sebanyak-banyaknya hal buruk dan menyedihkan jika anda tidak melakukannya. Saya biasa mencatat pada sebuah tabel yang terbagi atas dua kolom. Kolom kiri saya tulis segala kenikmatan yang akan saya dapatkan, sementara kolom kanan segala kepedihan jika saya tak melakukannya. Silahkan anda lakukan, semoga sukses!

referensisukses.com