pustaka.png.orig
basmalah.png.orig


10 Dzulqa'dah 1442  |  Minggu 20 Juni 2021

10 Keterampilan Bertahan Hidup yang Mesti Dikuasai Anak Muda

10 Keterampilan Bertahan Hidup yang Mesti Dikuasai Anak Muda

Fiqhislam.com - Anak muda mesti punya keterampilan tertentu supaya dia bisa bertahan hidup, mulai dari yang kelihatannya receh sampai yang serius, mesti dikuasai.

Kalau kamu menguasai keterampilan-keterampilan ini, maka bisa dibilang kamu bisa hidup mandiri dan bisa menjalani hidup kamu dengan cukup mulus. Nah, berikut daftarnya.

1. MENGATUR WAKTU

Semakin beranjak dewasa, semakin banyak kewajiban yang harus dilakukan. Oleh karena itu, diperlukan kemampuan untuk mengatur waktu dengan baik, sehingga segala tugas dapat terselesaikan dengan baik dan gak ada yang terlewatkan. Hal ini bisa dipelajari dengan pembuatan to-do list, ya!

2. BERKOMUNIKASI DENGAN BAIK

Orang yang bisa berbicara belum tentu bisa berkomunikasi dengan baik, dalam arti bisa dipahami dan diterima pesan yang disampaikannya. Anak muda tentunya harus punya kemampuan berkomunikasi yang baik untuk bisa membangun hubungan interpersonal dengan orang lain.

3. MENGATUR KEUANGAN

Disiplin dalam mengatur keuangan sangat diperlukan sejak remaja. Pengaturan uang sangat penting agar gak terjadi defisit anggaran yang tentunya bikin hidup kamu kembang-kempis. Mengatur keuangan ini meliputi berhemat, mengutamakan kebutuhan di samping keinginan, dan melakukan pencatatan.

4. KEMAMPUAN MEMASAK DASAR

Kemampuan memasak dasar ini perlu banget supaya kita bisa bertahan hidup di mana pun kita berada. Kemampuan ini termasuk dari mengidentifikasi bahan makanan, menggunakan peralatan dapur, memotong bahan makanan, menggoreng, merebus, dan hal-hal dasar lainnya.

5. KEMAMPUAN BEPERGIAN SENDIRI

Pasti dari kita masih banyak, nih, yang takut bepergian sendiri. Berbagai aksi kejahatan memang bikin takut. Namun, kemampuan ini harus dimiliki supaya ketika keadaan mendesak, kita bisa bepergian sendiri dan mengetahui cara menjaga diri sendiri supaya terhindar dari kejahatan.

6. KEMAMPUAN MENGATASI KEGAGALAN

Kegagalan tentu akan menjadi salah satu hal yang pasti kita temui. Apalagi kalau semakin banyak hal yang kita lakukan. Nah, kemampuan untuk mengatasi kegagalan juga sangat diperlukan, agar gak terlalu larut, atau bahkan sampai depresi. Jadi harus belajar untuk menerima kegagalan, ya!

7. PUNYA PEGANGAN MORAL DAN INTEGRITAS

Punya prinsip dan nilai-nilai moral yang kita pegang teguh penting banget dalam menjalani hidup. Dengan pegangan ini, kita bisa mengambil keputusan jalan mana yang kita pilih saat menghadapi masalah atau dilema. Prinsip ini juga mencegah kita terbawa arus kehidupan.

8. MENJAGA KESEHATAN DAN P3K DASAR

Menjaga kesehatan pribadi adalah kewajiban. Hal ini termasuk menjaga kebersihan dan pola makan yang baik. Selain itu, punya kemampuan melakukan pertolongan pertama juga hal yang wajib dimiliki, misalnya membersihkan luka dan menggunakan perban, yang bisa menyelamatkan nyawa diri sendiri maupun orang lain dalam keadaan darurat.

9. MEMECAHKAN MASALAH DAN MEMBUAT KEPUTUSAN

Semakin kita dewasa, semakin banyak masalah yang harus dipecahkan dan diputuskan oleh diri sendiri. Kemampuan ini tentunya sangat penting, dimulai dari mengidentifikasi masalah, dan membuat berbagai macam solusi yang mungkin bisa diterapkan.

10. BERPIKIR KRITIS

Terakhir, tapi boleh jadi yang paling penting pada era banjir informasi seperti sekarang ini. Dengan kemampuan berpikir kritis, maka kita gak gampang menelan bulat-bulat informasi yang kita terima. Kita akan selalu skeptis alias meragukan informasi apa pun yang kita terima, sebelum menelaah dengan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber dan sudut pandang berbeda.

Semakin kita dewasa, semakin banyak masalah yang harus dipecahkan dan diputuskan oleh diri sendiri. Kemampuan ini tentunya sangat penting, dimulai dari mengidentifikasi masalah, dan membuat berbagai macam solusi yang mungkin bisa diterapkan. [yy/sindonews]

Ni Ketut Candra Puspita
Kontributor GenSINDO, Indonesia International Institute for Life-Sciences | Instagram: @nkcandrapuspita